Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berhasil meraih dua penghargaan sekaligus di ajang Bank Indonesia Award 2023 masing-masing kategori digitalisasi ekonomi daerah dan elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah daerah.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan pencapaian ini merupakan hasil dari upaya pemerintah daerah yang terus melakukan inovasi melalui transformasi digital keuangan daerah hingga dapat tumbuh lebih efisien, cepat, dan memiliki prospek lebih baik di masa depan.

"Ini tentu merupakan hasil usaha kita mentransformasi digital keuangan supaya ekonomi digital bisa tumbuh di Kabupaten Bekasi lebih efisien, lebih cepat, dan punya prospek yang lebih baik ke depan," katanya di Cikarang, Kamis.

Ajang penghargaan Bank Indonesia Award 2023 dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) tahun 2023.bertempat di Bale Pasundan Kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Bandung, pada Rabu (29/11/2023).

Dia mengatakan berkaitan dengan elektronifikasi transaksi pembayaran pemerintah, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga telah menerapkan sistem
cashless atau pembayaran non tunai serta metode transfer pada sistem pembayaran pajak dan retribusi daerah.

Pembayaran tersebut dilakukan secara daring dengan tujuan untuk mempercepat proses sekaligus juga mengurangi adanya risiko kebocoran, praktik percaloan, hingga celah tindak pidana korupsi.

"Hampir semua pembayaran pemerintah sudah
cashless dengan transfer. Demikian juga dengan transaksi dari masyarakat dalam bentuk pembayaran pajak dan retribusi sudah dilakukan secara online," katanya.

Dani mengaku berdasarkan arahan Presiden RI dan Gubernur Bank Indonesia perihal kondisi perekonomian Indonesia tahun 2024 serta evaluasi perekonomian Indonesia tahun ini, wilayah Jawa Barat digambarkan dengan rasa optimisme dalam geliat perekonomian meski kondisi global masih belum dapat diprediksi.

"Kita diminta untuk terus optimis namun tetap mewaspadai ketahanan dan kebangkitan ekonomi secara nasional dengan menopang momentum perekonomian yang berkelanjutan, serta strategi hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah yang merupakan penggerak perekonomian nasional," ucapnya.

"Artinya apa, kita optimis tapi harus tetap waspada, tetap harus hati-hati, tapi yang penting antisipasi cepat terhadap semua skenario ke depan dalam merespon perubahan," imbuh dia.

Ajang Bank Indonesia Award 2023 memberikan total 64 penghargaan kepada mitra strategis asal perbankan, korporasi, dan perorangan sebagai apresiasi sekaligus pengakuan nasional atas dukungan pelaksanaan tugas-tugas Bank Indonesia selama tahun 2023.

Penghargaan tersebut juga merefleksikan jalinan sinergi antara Bank Indonesia dan para mitra strategis, bersama-sama pemerintah, OJK, dan LPS dalam memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023