Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menyambut baik Taman Kanak-kanak (TK) Akbar yang mendapat predikat sebagai sekolah ramah anak dan meraih nilai tertinggi pada jenjang prasekolah sekaligus menjadi rujukan nasional tahun 2023.

Wali Kota Bogor Bima Arya di Kota Bogor, Selasa, mengatakan kehadiran TK Akbar yang telah memenuhi standar nasional sebagai sekolah ramah anak dan sejalan dengan visi misi kota selama lima tahun ini.

"Saya kira ini sangat spesial karena sejalan dengan visi dan misi Kota Bogor dan ini berarti kolaborasi seluruh pihak mewujudkan visi berhasil dengan baik," katanya.

Menurut Bima, TK Akbar di Jalan Pandu Raya, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor ini dapat menjadi contoh sekolah yang ramah anak bagi sekolah-sekolah lain di daerahnya dan luar daerah.

Baca juga: Depok lebih dari 90 persen sudah terapkan Sekolah Ramah Anak

Atas penghargaan tersebut Pemkot Bogor mengundang TK Akbar ke Balai Kota Bogor dan disambut langsung oleh Bima Arya serta Bunda PAUD Kota Bogor Yane Ardian dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Irwan Riyanto, Senin (27/11).

Bima Arya berharap penghargaan ini tidak hanya memberikan rasa bangga tapi yang paling penting adalah apa yang dirasakan oleh murid dan orangtua bahwa TK Akbar betul-betul bisa menjadi tempat yang aman, nyaman dan layak untuk anak.

"Itu yang harus betul-betul berbeda, jadi penghargaan itu yang harus dirasakan keseharian oleh semua dan kami berharap juga bahwa TK Akbar bisa menjadi contoh menginspirasi bagi sekolah-sekolah lain," katanya.

Baca juga: Ini deklarasi sekolah ramah anak di Sukabumi

Bunda PAUD Kota Bogor Yane Ardian yang sejak awal memberikan dukungan dan semangat kepada TK Akbar menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih sehingga membawa nama baik Kota Bogor.

"Prosesnya memang tidak mudah, tapi saya percaya bahwa kekuatan kata-kata itu bisa menjadikan hasil yang maksimal. Makanya ketika bertemu saya selalu menyampaikan semangat ya pasti bisa semangat dan ternyata 'the magic of word' itu harus ada dalam setiap kebersamaan kita. Alhamdulillah TK Akbar berhasil meraih sekolah ramah anak," ujarnya.

Penghargaan ini lanjut Yane Ardian sebagai inspirasi untuk semua di dunia pendidikan.

"Dan saya percaya institusi pendidikan sudah bekerja sangat baik. Tenaga-tenaga pendidikan, kerja sama dengan orangtua dan guru untuk menjaga anak-anaknya memberikan perlindungan yang baik, itu yang utama," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi komitmen untuk wujudkan sekolah ramah anak

Kepala Sekolah TK Akbar, Dian Nurlina, mengatakan, penghargaan ini berhasil diraih atas kolaborasi dan koordinasi antara Pemerintah Kota Bogor dengan TK Akbar, kerja keras para guru, orang tua, komite sekolah, BUMD, beserta para pemangku kepentingan lainnya.

"Kami TK Akbar memulainya dari penilaian tingkat provinsi, di tingkat kota beberapa kali, kami diberi masukan kemudian mendapatkan revisi, kemudian kami perbaiki terus kami ajukan lagi ke nasional dan alhamdulillah nilainya keluar dan di luar ekspektasi karena kami hadir mendapatkan nilai tertinggi," katanya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023