Sejumlah dalang asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menampilkan aksi terbaik dengan membawakan lakon, alur, serta beragam isi cerita, saat mengikuti kompetisi Binojakrama Padalangan sebagai ajang seleksi menuju tiket agenda serupa di level provinsi.

Sub Koordinator Pelestarian dan Pembinaan Kesenian Disbudpora Kabupaten Bekasi Ulung Endi Suryadi di Cikarang, Rabu, mengatakan dalang dengan penampilan terbaik akan mewakili daerah itu pada kegiatan serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Ada enam dalang yang mengikuti kegiatan ini. Jadi di dalam Binojakrama Padalangan ini kita akan memilih satu dalang terbaik yang nanti akan dikirim untuk mengikuti event (ajang) serupa di tingkat provinsi," katanya.

Baca juga: KNIU: Eksistensi kesenian wayang kulit diharapkan adanya keterlibatan generasi muda
Baca juga: Makara Art Center UI tumbuhkan bakat lewat pentas wayang dalang anak hingga remaja

Sesuai agenda budaya pemerintah provinsi, katanya, kompetisi Binojakrama Padalangan 2023 tingkat Jawa Barat digelar pada 26-27 November 2023 di Kabupaten Bandung.

Ulung mengaku seni pedalangan aset dan kebanggaan yang sudah ada sejak lama.

Oleh karena itu, pembinaan dan kegiatan pedalangan akan terus digelar sehingga mampu melestarikan budaya pedalangan di Kabupaten Bekasi.

"Kita kerja sama dengan Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia). Pepadi ini yang membuat program-program pembinaan secara terus-menerus dari mulai usai anak-anak, remaja, hingga dewasa," katanya.

Baca juga: Ini kunci lestarikam seni pementasan wayang kulit

Wakil Ketua Pepadi Kabupaten Bekasi Rachmatullah mengatakan Pepadi terus berupaya membuat program-program pembinaan dengan harapan akan terus muncul dalang-dalang andal yang mampu melestarikan seni pedalangan di wilayah itu.

"Alhamdulillah kita terus keliling dari kampung ke kampung, dari sekolah-sekolah untuk mencari bakat pedalang. Saat ini pun kita sedang membina beberapa pedalang dari mulai tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi yang punya potensi bakat mendalang," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023