Ketua Ikatan Alumni (HA) IPB University periode 2017-2021 yang juga merupakan wirausaha muda, Fathan Kamil menyatakan pentingnya memetakan kemampuan diri generasi muda dalam membangun jejaring sosial di dunia kerja, dunia usaha dan dunia usaha. bahkan politik dan harus dikembangkan melalui kaderisasi kepemimpinan.

“Pemetaan kemampuan diri menjadi dasar bagi generasi muda untuk mencari jaringan kerja dan pergaulan usaha,” kata Fathan di Kota Bogor, Kamis.

Alumni IPB ini mengajak adik-adiknya di IPB University dan seluruh generasi muda Indonesia untuk bisa merencanakan masa depan dengan mengenali potensi yang ada dalam diri masing-masing.

Selain memanfaatkan fasilitas kampus, dalam mengembangkan karir dan berorganisasi perlu bekerjasama dengan berbagai mitra strategis, kata Fathan, oleh karena itu sosialisasi dan pencitraan diri juga penting untuk mencapai puncak karir seseorang.

Menurut Fathan, pengembangan program kaderisasi kepemimpinan pemuda perlu dilakukan tidak hanya di kalangan pelajar, namun juga hingga generasi muda di tingkat RT/RW di setiap kabupaten di Indonesia.

Di tengah tahun politik menjelang pemilihan umum (pemilu) pada 14 Februari 2024, generasi muda harus mempersiapkan diri menjadi pemimpin dan memilih pemimpin yang baik bagi bangsa.

“Pada temu alumni IPB ini kita membangun mentoring leader, itu bagian dari upaya penguatan Indonesia, khususnya di bidang politik praktis. Di sisi lain juga ada dunia usaha,” ujarnya.

Fathan menyampaikan sekolah politik HA IPB misalnya, berupaya mencari talenta terbaik hingga menjangkau daerah terkecil seperti RT/RW, agar fokusnya lebih terukur karena sudah ada konstruksi dari awal.

Menurutnya, cara membangun jaringan sosial dan citra diri adalah dengan mulai memetakan kemampuan diri, kemudian membuat rencana untuk masa depan.

Jika hal ini terjalin, jelasnya, maka jalur karir ke depan akan lebih mudah.

“Bekerja sama sejak dini mungkin mudah, namun membangun kepercayaan mitra di masa depan tidaklah mudah, perlu citra diri sebagai pemimpin yang baik, setidaknya untuk diri sendiri,” ujarnya.

Mantan Ketua HA IPB ini juga berjanji akan meneruskan komitmen yang telah diembannya selama beberapa tahun, yakni membantu pengembangan kepemimpinan dan kaderisasi generasi muda.










 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023