Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meminta Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat mengoptimalkan fungsi jembatan timbang menyusul cukup banyaknya kendaraan bertonase berat melintasi jalan di daerah tersebut.

"Saya menganggap keberadaan jembatan timbang belum difungsikan dengan baik," katanya, di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu.

Truk-truk bertonase berat selama ini cukup bebas melintas di wilayah Purwakarta, tanpa ada pengawasan ketat petugas jembatan timbang di wilayah Purwakarta.

Ia menyayangkan hal tersebut karena fungsi jembatan timbang yang dikelola Dinas Perhubungan Jabar itu sebenarnya cukup baik untuk mengetahui berat kendaraan yang melintas.

"Jalan raya di Purwakarta jadi cepat rusak akibat banyak kendaraan bertonase berat melintas," kata dia.

Dedi menilai jika fungsi jembatan timbang berjalan dengan baik, maka tidak akan ada kendaraan yang melebihi muatan tetap melintas di jalan raya wilayah Purwakarta.

Di antara fungsi jembatan timbang sebenarnya untuk menjaga jalan raya agar tetap bagus dan tidak dilintasi kendaraan yang melebihi muatan. Dengan begitu, kendaraan yang melebihi muatan seharusnya ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Atas hal itu bupati meminta agar Dinas Perhubungan Jabar mengoptimalkan kembali fungsi jembatan timbang.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017