Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan International Committee of the Red Cross (ICRC) melakukan operasi katarak gratis dan membagikan 500 kacamata yang diselenggarakan selama empat hari terhitung dari 1-4 November 2023.

"Untuk kegiatan ini kami laksanakan di wilayah Indonesia Timur tepatnya di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku di RSUD Tiakur. Operasi ini bertujuan untuk membantu pemerintah dan masyarakat di wilayah Indonesia Timur yang membutuhkan bantuan penglihatan," kata Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial, Markas Pusat PMI Wekadigunawan melalui sambungan telepon di Jakarta pada Kamis, (2/11).

Baca juga: PMI dan ICRC kembali lakukan operasi katarak dan pembagian kacamata gratis
Baca juga: RS PMI Bogor gelar operasi katarak gratis puluhan warga tidak mampu

Kegiatan yang dilakukan ini diharapkan bisa membantu Pemerintah Maluku Barat Daya untuk membantu persoalan kesehatan masyarakat. Untuk warga yang ingin mendapatkan layanan tersebut bisa datang langsung ke RSUD Tiakur.

Menurut dia, PMI dan ICRC juga mendapat apresiasi Wakil Bupati Maluku Barat Daya Agustinus Lekwardai Kilykily. Sesuai informasi dari pemerintah daerah setempat angka kasus katarak di daerah ini cukup tinggi dikarenakan kurangnya akses kesehatan dan dokter serta kurangnya menjaga kesehatan mata.

Baca juga: RS PMI Bogor bagi-bagi ratusan kacamata gratis kepada pelajar SD

Maka dari itu, saat PMI dengan ICRC dan ke Kabupaten Maluku Barat Daya langsung disambut baik oleh pemerintah dan warga yang tujuannya untuk membantu masalah kesehatan mata. Di mana di salah satu kabupaten terluar di Indonesia ini sekitar 1.300 orang datang dari 17 kecamatan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Rencana ke depan, PMI akan melaksanakan kegiatan serupa di Aru setelah sebelumnya pihaknya dengan ICRC melakukan operasi katarak dan pembagian kacamata gratis di wilayah Saumlaki, Seram Bagian Timur, Tual, Buru dan Ambon.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023