Gempa dengan magnitude 6,6 magitude menguncang Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis pukul 05.04 WITA.

Berdasarkan informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 kilometer dan lokasi gempa berada pada 24 kilometer Tenggara Kupang-NTT.

Letak gempa terjadi di 10.34 lintang selatan (LS) dan 123.Bujur Timur (BT). Gempa tersebut juga dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,9 guncang wilayah Minahasa Tenggara
Baca juga: BPBD Sukabumi sebut belum ada informasi dampak gempa M5,4

Kemarin Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 mengguncang Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, pada Rabu pukul 00:37 WIB, namun belum ada laporan tentang dampak gempa tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya yang dipantau ANTARA dari Jakarta, Rabu dini hari, menyebutkan titik gempa dengan kedalaman 112 kilometer itu berada di koordinat -0.16 Lintang Selatan dan 123.84 Bujur Timur.
 
Menurut BMKG, gempa yang berpusat di laut sekitar 61 km sebelah barat daya Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, itu tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi kerap terjadi di Indonesia karena negara kepulauan terbesar di dunia ini terletak di jalur Cincin Api Pasifik.

Pewarta: Kornelis Kaha

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023