Bupati Bogor Iwan Setiawan memimpin penandatanganan kesepakatan bersama dengan 18 pimpinan partai politik untuk mewujudkan pemilihan umum (pemilu) damai.

"Hari ini kita tandatangani kesepakatan bersama dengan seluruh peserta pemilu yaitu sedikitnya 18 pimpinan partai di Kabupaten Bogor," kata Iwan usai penandatanganan di Sekretariat Daerah (Setda) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Menurut dia, penandatangan pernyataan bersama itu bertujuan untuk menjaga penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 agar berlangsung sukses, aman, lancar, kondusif, berkualitas dan berintegritas.
Baca juga: Bupati Bogor memuji deklarasi pemilu damai Ormas Pemuda Pancasila
Baca juga: Bupati Bogor tekankan tekad wujudkan Pemilu kondusif kepada jamaah Maulid Akbar

Ia juga mengajak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk bersama-sama menjaga ketertiban, keamanan, keadilan, kepastian dan kondusivitas Pemilu 2024.

"Terkait ketertiban, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memiliki Perda No 4 tahun 2015 Tentang Ketertiban Umum. Tolong dijaga dan tolong juga kepada dinas yang terkait untuk menerapkan itu dengan adil jika ada pihak yang mengganggu kondusivitas di Kabupaten Bogor," ujarnya.

Iwan menjelaskan, dirinya sebagai kepala daerah bertanggung jawab menjaga wilayah Kabupaten Bogor bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda).

"Untuk itu saya mengajak seluruh peserta Pemilu untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu yang aman, damai, bermartabat, dan berintegritas untuk kemajuan bangsa," ungkap Iwan.

Baca juga: Wujudkan pemilu damai dan kondusif di Kabupaten Bogor

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hadijana mengatakan, kegiatan tersebut adalah salah satu upaya untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024 agar tercipta situasi yang aman, damai dan kondusif.

"Semua tahapan dapat dilaksanakan dengan aman dan damai mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pasca Pemilu," ujar Hadijana.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023