Purwakarta (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, membangun lampu penerangan jalan umum bernuansa etnik Sunda yang terpasang di sepanjang Jalan Raya Bungursari-Sadang, Purwakarta.

"Pertama kami tekankan kegunaannya, menerangi jalan. Selain itu, tentunya nuansa estetik dan unik kami tekankan juga agar lebih menarik," katanya di Purwakarta, Senin.

Lampu yang secara khusus didesain sendiri itu sebagai "Lampu PJU Karakter". Pasalnya, lampu penerangan jalan umum tersebut dibangun dengan karakter Sunda.

Selain kujang, terdapat pula falsafah kesundaan pada lampu PJU itu, yakni "yaangan kanu poekeun" (memberi terang kepada mereka yang berada dalam kegelapan).

Tiang lampu PJU yang berada di sepanjang Jalan Bungursari-Sadang itu berwarna putih, dihiasi bulatan berwarna emas.

Terdapat ornamen kujang sebagai penegas identitas kesundaan yang selama ini diusung Pemkab Purwakarta dalam menerapkan setiap kebijakan.

Bupati mengatakan bahwa pembangunan lampu PJU berkarakter itu menghabiskan anggaran sekitar Rp1,8 miliar bersumber dari APBD Purwakarta.

"Lampu PJU berkarakter itu dipasang di 79 titik sepanjang jalan Bungursari-Sadang. Ke depan, lampu PJU lainnya di wilayah Purwakarta akan diganti dengan lampu PJU berkarakter," katanya.


Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017