Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Pemerintah Provinsi Lampung berkoordinasi dengan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) untuk terus mengupayakan Embarkasi Haji untuk mempermudah jamaah dalam pemberangkatan haji dan umroh.

"Kedepannya semoga lebih akan mudah lagi pelaksanaan ibadah haji dan umroh di Provinsi Lampung," kata Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo pada acara pengukuhan Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Lampung masa bhakti 2016-2021, di Ruang Abung Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung, di Bansdarlampung, Kamis (29/12/2016).

Karo Humas dan Protokol Pemprov Lampung Bayana menyampaikan, Gubernur berharap pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Lampung dapat mewujudkan konsolidasi organisasi dalam upaya pelestarian Haji Mabrur di Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur selaku Ketua Dewan Penasihat IPHI Lampung juga meminta bantuan serta dukungan pengurus IPHI untuk dapat membentengi keimanan masyarakat terhadap berbagai macam persoalan.

"Sebagai seorang haji harus ada tanggung jawab moral dalam membentengi hal tersebut terhadap pembinaan lingkungan sekitar dalam menyadarkan masyarakat pentingnya soal keagamaan," ujarnya.

Ridho Fuicardo lebih lanjut juga berharap adanya program-program untuk dapat memajukan masyarakat Provinsi Lampung guna peningkatan paham soal keagamaan.

"Progres untuk kegiatan ini bukan selesai dengan pengukuhan di sini. Tetapi kedepan seluruh pengurus kiranya berkoordinasi aktif kepada jajaran Pemprov. Seperti dukungan yang dilakukan supaya IPHI lebih bermakna di tengah masyarakat," harapnya.

Memelihara kemabruran haji

Anshori, yang mewakili Ketua Umum Pusat IPHI yang hadir pada cara tersebut turut mengatakan, esensi perjuangan IPHI adalah menjaga dan memelihara kemabruran haji. "Para jama'ah juga harus turut serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk pribadi maupun makhluk sosial," ujarnya.

Anshori juga mengatakan bahwa IPHI mempunyai kewajiban untuk memelihara dan mengupayakan kelestarian haji mabrur guna meningkatkan partisipasi umat dalam pembangunan bangsa dan negara.

"Harus adanya langkah-langkah pengembangan dan pembinaan oralisasi secara sistematis, terukur dan fokus serta bisa dibanggakan yang didukung dengan adanya sarana dan prasarana kantor sekretariat yang memadai," tuturnya.

Ditambahkannya, SDM IPHI harus mempunyai integritas, moralitas dan kapabilitas yang unggul. Sehingga kepengurusan IPHI di semua tingkatan agar terpercaya, solid, aktif, mau bekerja untuk syiar. "Pastikan program IPHI relevan dengan kebutuhan dan keadaan serta menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat khususnya dibidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan," katanya pula.

Kepala Bagian Humas Pemprov Lampung Heriyansyah menambahkan, acara tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, Kapolda Lampung, dan Ketua PW IPHI Lampung, Thobroni Harun.

Thobroni menuturkan, tujuan dari organisasi IPHI yaitu menjaga kemabruran haji sepanjang hayat yang mempunyai andil dalam pembangunan Provinsi Lampung.

"IPHI adalah organisasi yang besar terdapat di hampir semua provinsi dan kabupaten. Kita semua siap bekerja sama bersama Pemerintah Provinsi karena kesuksesan pembangunan adalah kesuksesan bagi kita semua. Alhamdulillah di bawah kepemimpinan pak Gubernur, Provinsi Lampung meningkat pelayanannya," terangnya. (RLs/BPJ/MTh).

Pewarta: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016