Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyalurkan bantuan Program Bekasi Peduli dan Bekasi Cerdas kepada warga duafa dan pelajar jenjang SD, SMP, SMA sederajat, di wilayah Kecamatan Tambun Utara.

Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Samsul Bahri mengatakan secara keseluruhan penyaluran bantuan melalui skema "Baznas on the Road" ini diberikan kepada duafa dan pelajar daerah itu dengan total 6.900 paket "Sembako Nyampe Rumah" (Senyum) dan bantuan pendidikan bagi 2.070 pelajar.

"Alhamdulillah kita jalankan rutin setahun dua kali di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi. Bantuan kali ini menyasar warga di Kecamatan Tambun Utara," katanya di Kabupaten Bekasi, Kamis.

Baca juga: Baznas Kabupaten Bekasi salurkan bantuan ke warga duafa dan pelajar di Kedungwaringin
Baca juga: Baznas Bekasi salurkan 25.784 rantang makanan untuk lansia dan duafa

Dia menjelaskan bantuan paket sembako diberikan kepada 300 warga duafa di wilayah itu, sedangkan bantuan pendidikan diperuntukkan bagi 90 pelajar masing-masing 30 siswa per jenjang pendidikan.

"Bantuan Program Bekasi Cerdas berupa biaya pendidikan untuk menunjang kebutuhan belajar bagi para siswa-siswi SD, SMP, SMA dan sederajat," katanya.

Masing-masing penerima bantuan jenjang SD mendapatkan uang saku Rp400.000 ditambah alat tulis dan tas. Pelajar SMP senilai Rp500.000, alat tulis dan tas, serta Rp700.000 bagi siswa SMA.

Samsul berharap bantuan ini bisa terus dijalankan secara berkelanjutan melalui penerimaan zakat dari aparatur negara maupun non-ASN, swasta, serta elemen masyarakat lain. Semakin banyak zakat yang diterima, semakin banyak pula bantuan yang disalurkan.

Baca juga: 500 pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi terima bantuan modal usaha

"Harapan kami program-program Baznas Kabupaten Bekasi bisa menyentuh mereka yang berhak dan tepat sasaran di setiap kecamatan," katanya.

Sekretaris Camat Tambun Utara Nur Wahyi mengapresiasi program bantuan dari Baznas Kabupaten Bekasi ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah di tengah kesulitan masyarakat.

"Alhamdulillah, terima kasih Baznas dan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Bantuan ini tentu akan mengurangi beban masyarakat kita yang sedang membutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023