Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak generasi muda agar dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut dikatakan Mohammad Idris menanggapi peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk mengenang Pancasila sebagai dasar negara, yang selalu teguh meski ada upaya untuk menjatuhkannya.

"Peringatan ini juga sebagai tanda penghormatan untuk para pejuang yang gugur mempertahankan Pancasila dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI," katanya di Depok, Ahad

Baca juga: Pemkab Bekasi deklarasi pemilu damai berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila
Baca juga: Ketua DPR RI: Pancasila jadi bintang penuntun pemersatu rakyat

Idris mengatakan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila momentum peringatan pertahanan Pancasila, ini adalah ungkapan jasa pahlawan yang menjadikan Pancasila sebagai dasar negara dan sudah berhasil dipersatukan, agar sejarah rongrongan terhadap NKRI tidak lagi terulang.

Dikatakannya, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan agar generasi muda mengetahui sejarah kelam mempertahankan Pancasila, sehingga mereka mendukung, dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur di masa lalu.

"Masyarakat diimbau untuk mengingatkan anak, cucunya untuk terus berjuang mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Depok keluarkan SE tentang Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023

Menurut dia, saat ini pendidikan Pancasila di sekolah masih terus berjalan, bahkan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dikembangkan menjadi pendidikan bela negara.

"PPKn masih terus diajarkan di sekolah, Dinas Pendidikan (Disdik) sebagai naungannya," ujarnya.*

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023