Bekasi, 29/8 (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Bekasi Jawa Barat berupaya meningkatkan daya saing produk usaha kecil menengah melalui pensertifikasian halal produk makanan.

"Cara ini kami tempuh supaya produk dari Kota Bekasi bisa bersaing dengan produk dari wilayah lain. Sebab hanya produk unggul yang bisa mendapat kesempatan ekspor," kata Kepala Bidang UKM Disperindagkop Kota Bekasi Narlisman, di Bekasi, Selasa.

Narlisman mengatakan salah satu indikator keunggulan produk ditentukan dari keberadaan logo halal yang tertera di kemasan.

Keberadaan logo halal membuat konsumen di luar negeri yakin akan kualitas serta keamanan produk yang akan dikonsumsinya.

"Karena alasan itu pula, produk-produk berlogo halal yang biasanya mendapat peluang serta kepercayaan lebih besar untuk diekspor," katanya.

Lebih lanjut Narlisman mengatakan hingga saat ini sudah ada sedikitnya 36 produk makanan-minuman buatan UKM yang sudah menjalani proses untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Proses sertifikasi dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat yang digandeng Disperindagkop untuk bekerja sama.

"Produk makanan dan minuman buatan UKM diperiksa kualitas bahan-bahan juga keamanannya hingga proses pengolahannya," katanya.


Andi F

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012