Peringkat Universitas Indonesia (UI) dalam Times Higher Education (THE) World University Rankings 2024 naik ke rentang 801-1000 dari rentang 1001-1200 pada tahun sebelumnya.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, yang memimpin delegasi UI dalam THE World Academic Summit 2023 di Australia, pada Jumat menyampaikan bahwa capaian tersebut merupakan hasil kerja para pemimpin, pengelola, dan komunitas akademik UI dengan dukungan dari pemangku kepentingan terkait.

"Ini menjadi bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras semua pihak yang terlibat. Terima kasih kepada bapak/ibu pimpinan tinggi serta pengelola UI, dosen, mahasiswa, dan mitra kami yang telah berkontribusi untuk mencapai prestasi luar biasa ini," katanya.


Baca juga: UI raih posisi 5 besar dunia implementasi dua agenda SDGs di THE Impact Ranking 2023
Baca juga: UI kembali rangking 1 universitas terbaik di Indonesia versi Edurank 2023

Pemeringkatan THE World University Rankings 2024 meliputi 1.904 universitas dari 108 negara dan wilayah.

Di antara 33 universitas di Indonesia yang turut serta dalam pemeringkatan, hanya UI yang masuk rangking 1.000 besar dalam pemeringkatan tersebut.


UI dinilai unggul pada 18 indikator kinerja yang mencakup lima bidang, yaitu pengajaran, lingkungan riset, kualitas riset, industri, dan prospek internasional.

UI menduduki peringkat ke-198 di bidang pengajaran, peringkat ke-681 di bidang lingkungan riset, peringkat ke-773 di bidang industri yang mencakup pendapatan industri dan paten, serta peringkat ke- 576 dalam prospek internasional.

Baca juga: UI tempati posisi teratas di Indonesia versi QS Subejct 2023

Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi UI Vishnu Juwono menyampaikan bahwa adanya penyempurnaan indikator THE World University Rankings merupakan momentum yang baik bagi UI untuk menunjukkan peningkatan kinerja.

"THE WUR versi 3.0 ini berbagai indikator lebih akurat dalam mengukur kinerja perguruan tinggi, baik dalam aspek riset dan publikasi maupun pengajaran. Sehingga menjadi salah satu faktor yang membuat ranking UI meningkat kembali, yang diharapkan tren positif ini berlangsung beberapa tahun mendatang,” katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023