Bekasi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menghadiahkan uang senilai total ratusan juta rupiah kepada pemenang sayembara desain fasad penataan kota di wilayah setempat.

"Pemenang pertama atas nama Daniel Ricardo asal Jakarta mendapatkan hadiah Rp60 juta," kata Kepala Seksi Penatagunaan Lahan pada Dinas Tata Kota Bekasi, Johan Budi di Bekasi, Senin.

Sementara pemenang kedua Hapsoro Pandu Nurhamdani asal Yogyakarta mendapatkan hadiah Rp40 juta dan pemenang ketiga Heru Wibowo Poerbo asal Bandung mendapatkan hadiah Rp22 juta.

Penyerahan hadiah itu dilakukan langsung oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi kepada sejumlah pemenang bertepatan dengan agenda apel Senin di Lapangan Upacara Pemkot Bekasi Jalan Ahmad Yani, Nomor 1, Bekasi Selatan.

Sayembara itu, kata Johan, merupakan gagasan pihaknya dalam rangka mendapatkan ide segar, kreatif, inovatif untuk menjadi acuan pembangunan bagi Pemerintah Kota Bekasi.

Desain fasad yang diperlombakan berlokasi di Kawasan Pasar Proyek, Bekasi Timur.

Kegiatan itu diikuti peserta dari 37 daerah di Indonesia dengan beragam desain yang unik.

Dikatakan Johan, para pemenang itu telah memenuhi unsur penilaian desain di antaranya ornamen budaya Bekasi, integrasi kawasan perkotaan dengan kuliner serta unsur estetika yang modern.

"Kegiatan ini adalah upaya kami menjadikan kawasan Pasar Proyek menjadi destinasi wisata yang menarik bagi warga maupun wisatawan luar. Makanya perlu disinergikan dengan infrastukrut pendukung kawasan kuliner," katanya.

Desain dari para pemenang lomba, kata dia, untuk sementara akan ditampung pihaknya untuk kemudian disusun Detail Engenering Desain (DED) sebelum pengerjaan fisik dilaksanakan.

"Mudah-mudahan pada 2017 fisiknya sudah bisa dikerjakan oleh dinas terkait," katanya.

Penataan Pasar Proyek Bekasi dimulai dari Kantor Pegadaian sampai ke pertigaan Kartini Jalan Ir H Djuanda, pertigaan Jalan Mayor Oking sampai rel kereta Jalan Agus Salim.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016