Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku terharu atas capaian Provinsi Jawa Barat meskipun ujian yang dilalui oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menjabat cukup berat dan penuh pergulatan hati.

“Pidato penutup yang sangat menyentuh tetapi menunjukkan seorang Ridwan kamil yang betul-betul memimpin dengan hati dan melalui dinamika, suka duka yang sangat tidak mudah,” ujar Bima Arya saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Senin.

Bima Arya menilai kepemimpinan Ridwan Kamil mampu membawa Jawa Barat menjadi salah satu provinsi termaju dan banyak warga menginginkan pengabdiannya tidak berhenti sampai di sini.

“Saya melihat betapa warga tersentuh dari pidato penutup Kang Emil dan ada keinginan yang tersirat dari warga agar Kang Emil tidak berhenti sampai di sini,” kata Bima.

Baca juga: Bima Arya mengaku pernah bersama Jokowi bahas peluang Erick Thohir jadi cawapres

Bima menyampaikan, di ujung masa jabatan Ridwan Kamil, Pemerintah Kota Bogor juga menerima empat penghargaan yang diserahkan dalam acara West Java Festival (WJF) 2023.

Penghargaan tersebut antara lain, Juara 1 Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) terbaik tahun 2023, penghargaan Tokoh Literasi Digital Daerah untuk Bima Arya, Penerapan Tanda Tangan Elektronik Terbaik Kategori Integrasi Aplikasi pada Sandikami Awards 2023 dan Sertifikat Penetapan Karya Budaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

“Penghargaan yang diberikan menggenapi sekitar 359 penghargaan yang didapat oleh Pemkot Bogor," ujar Bima.

Baca juga: Disdik Kota Bogor siapkan rancangan perwali PPDB atasi kecurangan

West Java Festival (WJF) 2023 di Gedung Sate dan Stadion Siliwangi, Bandung, 2-3 September 2023. WJF tersebut merupakan rangkaian syukuran 78 tahun Provinsi Jawa Barat sekaligus perpisahan Gubernur Ridwan Kamil di masa akhir jabatannya.

Selain memaparkan pencapaian kinerja memimpin provinsi terbesar bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum selama 5 tahun terakhir, pidato Ridwan Kamil juga membuat haru hadirin yang hadir saat mengenang putranya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Bima menyampaikan, selama ini di lingkup Jawa Barat penghargaan yang diterima Kota Bogor dominan.

Baca juga: Wali Kota Bogor beri wejangan kepemimpinan kepada siswa SMA

Namun demikian, penghargaan-penghargaan itu bukan hanya menunjukkan keberhasilan Kota Bogor saja, tetapi menggambarkan dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan kolaborasi yang baik antara wali kota dan gubernurnya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023