Sebanyak 3.000 peserta dari perwakilan kafilah 23 kecamatan ditambah sejumlah unsur lapisan masyarakat turut memeriahkan pawai taaruf atau pembuka kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 tingkat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, 3-9 September 2023.

"Pawai taaruf ini dilakukan dengan berjalan kaki dari titik awal Lapangan Desa Sukabudi menuju arah barat dan berakhir di panggung kehormatan acara di halaman Kantor Desa Sukabudi, Kecamatan Sukawangi," kata Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesra pada Setda Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti usai melepas pawai, Senin.

Dia mengatakan ribuan peserta pawai yang terlihat tumpah ruah memadati ruas jalan itu sekaligus sebagai penanda kemeriahan pergelaran MTQ tahun 2023 yang dipusatkan di Kecamatan Sukawangi ini.

Baca juga: Kabupaten Bekasi siap menjadi tuan rumah MTQ Jabar 2024
Baca juga: 167 peserta adu kemampuan pada lomba MTQ ke-53 Kabupaten Bekasi

Masyarakat Kecamatan Sukawangi juga terlihat antusias menonton pawai pembuka terlebih wilayah itu baru pertama kali menjadi tuan rumah ajang rutin tahunan ini.

"Semuanya kita perhatikan tadi heboh ya, semangat luar biasa. Alhamdulillah sukses, meriah, masyarakat di sini mendukung sekali. Dari kemarin semua bergerak, baik unsur TNI, Polri, juga lapisan masyarakat," katanya.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Bekasi itu mengatakan MTQ tahun ini bertemakan 'Melalui MTQ ke-55 tingkat Kabupaten Bekasi, kita tingkatkan kualitas pembangunan SDM yang tangguh dan qurani untuk mewujudkan Kabupaten Bekasi yang makin berani, berinovasi, dan berkolaborasi.

"Tujuannya untuk mencari peserta terbaik yang akan disertakan pada MTQ tingkat Jabar nanti, juga menumbuhkan kecintaan masyarakat khususnya anak-anak dan remaja dalam mempelajari dan memahami Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat Islam," ucapnya.

Baca juga: Bupati buka MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Bekasi dengan protokol kesehatan

Pemerintah Kabupaten Bekasi berkolaborasi dengan unsur terkait juga menghadirkan berbagai stan layanan serta bazar yang mudah diakses oleh pengunjung dan masyarakat sekitar yang hendak berbelanja produk UMKM.

"Ada juga bermacam-macam layanan yang kita sediakan di sini, dari Baznas Kabupaten Bekasi membuka pelayanan bagi para muzaki yang ingin menyalurkan zakat, infak, dan sedekah kepada kaum dhuafa, Bank BJB dengan beragam doorprize, Dinas Dukcapil menyediakan pelayanan dokumen catatan sipil, juga bazar stan UMKM dari Dinas koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi," katanya.

Sri Enny mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh panitia dari unsur Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kementerian Agama, Pemerintah Kecamatan Sukawangi dan Pemerintah Desa Sukabudi, serta seluruh jajaran TNI/Polri yang telah bekerja keras bersama mensukseskan pelaksanaan MTQ ini.

"Mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan menjadi amal soleh demi Kabupaten Bekasi yang makin berani," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023