Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengimbau segenap warga untuk mampu menjaga kondisi kesehatan menghadapi cuaca panas berkepanjangan pada periode semester kedua tahun 2023 ini.

Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti mengatakan cuaca panas pada beberapa pekan terakhir dapat mempengaruhi kondisi tubuh.

"Maka untuk menjaga stamina agar tetap fit, setiap warga agar selalu memastikan terhidrasi dengan baik," katanya di Cikarang, Selasa.

Baca juga: Dokter: Orang boleh minum air dingin saat cuaca panas tetapi ini syaratnya
Baca juga: Ahli gizi: Konsumsi air dingin tak masalah saat cuaca panas

Pihaknya menganjurkan masyarakat untuk tidak terlalu lama berada di bawah sinar matahari secara langsung dan tetap memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

"Cuaca panas saat ini membuat tubuh membutuhkan cairan yang lebih banyak. Jadi harus dipastikan asupan air tercukupi setiap hari," katanya.

Mantan Kadinkes Kabupaten Bekasi itu berpesan agar masyarakat tidak keluar rumah apabila tidak ada hal penting untuk dilakukan mengingat suhu panas sangat berdampak pada kesehatan tubuh.

"Ya, harus menghindari atau membatasi kegiatan yang tidak diperlukan, terutama kegiatan di luar dengan paparan langsung sinar matahari," katanya.

Baca juga: Pakar: Lindungi diri dari cuaca panas dengan tetap terhidrasi agar terhindar dari berbagai penyakit

Dirinya menyampaikan kiat agar warga tetap sehat yakni dengan mengonsumsi air mineral lebih banyak namun tetap memperhatikan pola minum sehat yaitu rutin dalam setiap jam.

"Perbanyak minum air mineral dan rutin di tiap jam karena apabila kurang cairan maka akan berisiko pada tubuh. Misalnya, dehidrasi atau demam bagi anak," demikian Sri Enny Mainiarti.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023