Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memberi kompensasi paket sembako kepada ratusan warga yang tinggal di jalur perlintasan armada sampah menuju tempat pembuangan akhir sampah.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Minggu, mengatakan kalau pada tahap pertama, yakni pada April 2023, Pemkab Purwakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup telah membagikan 650 paket sembako kepada warga Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan.

Selanjutnya pada tahap kedua, tepatnya pada Jumat 18 Agustus 2023, warga di sekitar Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan kembali mendapatkan bantuan 650 paket sembako.

Baca juga: Pemkab Purwakarta beri kompensasi warga yang tinggal di perlintasan armada sampah

Anne menyampaikan, bantuan paket sembako itu diberikan sebagai bentuk perhatian Pemkab Purwakarta dan juga sebagai kompensasi untuk warga, karena wilayahnya menjadi perlintasan aktivitas armada angkutan sampah ke tempat TPA dan TPS di Cikolotok.

"Kompensasi ini merupakan bentuk apresiasi Pemda kepada masyarakat yang telah mendukung kegiatan pengelolaan sampah mandiri, karena pengelolaan sampah itu tidak terpusat di satu titik TPA, tetapi ada juga di TPS 3R dan TPS Terpadu," katanya

Ia mengatakan kalau Pemkab Purwakarta sudah mampu mengembangkan pengelolaan sampah mandiri dengan cara memberdayakan TPS 3R yang tersebar di beberapa titik yang telah dibangun.

Baca juga: Dedi Mulyadi: Pemerintah perlu beri kompensasi warga agar tinggal di rumah

TPS 3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien.

"Selain itu, sampah yang ada di TPA, TPS 3R dan TPS Terpadu ini dikelola oleh pemerintah kabupaten bersama masyarakat. Sehingga memberikan dampak positif, yaitu mengurangi sampah dan meningkatkan nilai guna sampah," kata dia.

Mengenai program kompensasi paket sembako, kata Anne, itu sudah menjadi program Pemkab Purwakarta. Setiap tahun Pemda menyerahkan kompensasi kepada warga yang tinggal di jalur perlintasan truk sampah.

Baca juga: Sopir Angkot Purwakarta Dapat Kompensasi Penutupan Jalan

"Ada sekitar 70 unit armada sampah dari Dinas LH Purwakarta yang setiap harinya melintas. Ditambah yang dari swasta sekitar 20 unit armada. Jadi kami memberi kompensasi berupa paket sembako kepada warga yang tinggal di jalur perlintasan armada sampah itu," kata bupati. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023