Gempa berkekuatan magnitudo 5.0 yang berpusat di Pacitan Jawa Timur mengguncang wilayah Jawa bagian tengah dan timur yang dirasakan oleh warga, namun dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Mengutip informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa tersebut terjadi pada Sabtu dini hari pukul 01:29 WIB berlokasi di 8,99 lintang selatan, 111,06 bujur timur atau sekitar 90 kilometer barat daya Pacitan Jawa Timur.

Gempa berkekuatan magnitudo 5.0 tersebut berpusat di laut dengan kedalaman hanya 10 kilometer, atau termasuk kategori gempa dangkal.

Gempa dirasakan dengan kekuatan (MMI) III atau lemah di wilayah Pacitan tanpa ada potensi kerusakan, MMI II atau lebih lemah di wilayah Gunungkidul, Bantul, dan Yogyakarta.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,7 guncang wilayah barat daya Muara Binuangeun Banten Kamis siang
Baca juga: Gempa tektonik magnitudo 5,9 di Laut Banda Maluku tidak berpotensi tsunami
Baca juga: Gempa magnitudo 5,4 guncang Parigi Moutong, Sulteng tidak berpotensi tsunami

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta masyarakat dan wisatawan agar tidak panik dengan informasi potensi megathrust di sisi selatan DIY yang diperkirakan mampu memicu gempa berkekuatan hingga magnitudo 8,7.

"Masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu panik, dan para wisatawan tidak perlu mengurungkan niat datang ke Yogyakarta," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad dalam keterangan resmi Pemda DIY di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengatakan informasi BMKG yang menyatakan sisi selatan DIY berpotensi terjadi megathrust hingga magnitudo 8,7 dan bisa menimbulkan tsunami setinggi lebih dari tiga meter, hanyalah potensi.

Menurut dia, bencana alam seperti gempa tetaplah menjadi bencana yang tidak bisa dipastikan kapan terjadinya.

Pewarta: Aditya Ramadhan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023