Pelaku pariwisata dan pelaku usaha di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendorong pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan jalan tol Cianjur sebagai solusi macet di jalur Puncak dan upaya pemulihan perekonomian seiring tingginya angka kunjungan wisatawan.

Tokoh pengusaha Cianjur, Zulfar Zein di Cianjur Minggu, mengatakan sejak belasan tahun terakhir pelaku usaha dan pariwisata berharap ada solusi macet di jalur Puncak terutama saat akhir pekan dan libur panjang nasional yang membuat angka kunjungan terus menurun.

"Harapan kami ketika itu, pembangunan Puncak II sebagai solusi macet di jalur utama Puncak, namun tidak kunjung terwujud, dilanjutkan dengan rencana pelebaran jalur utama Puncak dan sekarang jalan tol Cianjur, ini sama kami dukung," katanya.

Baca juga: Pemkab Bogor turut andil proses pembangunan Jalan Tol Caringin - Puncak

Pasalnya sejak belasan tahun terakhir, angka kunjungan ke kawasan Cipanas yang menjadi ikon kota wisata Cianjur, terus menurun bahkan terkesan "mati suri" karena wisatawan kerap terjebak hingga belasan jam di kawasan Puncak.

"Rencana pembangunan jalan tol Cianjur mulai dari wilayah Bogor, menjadi angin segar bagi pelaku usaha di Cianjur karena harapan kami angka kunjungan kembali meningkat dan perekonomian kembali pulih seperti belasan tahun lalu," katanya.

Hal senada terucap dari pelaku usaha di sejumlah kecamatan di wilayah utara Cianjur yang selama ini dikenal sebagai penyuplai hasil pertanian mulai dari sayur mayur hingga bunga potong ke pasar besar di Jabodetabek.

Baca juga: PUPR: Jalan Tol Puncak dan 5 proyek tol lain dalam tahap penyiapan lelang pada 2024

Mereka berharap pembangunan jalan tol Cianjur, dapat segera terwujud sehingga mereka tidak lagi kehilangan pesanan karena tidak tepat waktu atau merugi karena sayur mayur yang sudah dipesan tidak segar sampai ke tangan pembeli dan tidak dibayar.

"Kami berharap pemerintah pusat mewujudkan mimpi kami untuk pergi dan pulang dengan cepat tanpa harus terjebak antrean panjang di jalur Puncak. Kami yakin keberadaan jalan tol dapat meningkatkan kembali perekonomian di Cianjur," kata suplayer bunga potong di Kecamatan Pacet, Nandang.

Sementara Bupati Cianjur Herman Suherman, mendorong pemerintah pusat untuk segera merealisasikan pembangunan jalan tol Cianjur, sebagai solusi macet di jalur Puncak yang selama ini membuat wisatawan mengurungkan niat untuk berlibur ke Cianjur.

Baca juga: Bupati Bogor: Jalur Puncak Dua hubungkan Tol Jagorawi dengan Jalan Transyogi

"Kami akan terus mendorong melalui kementerian terkait dan melalui anggota DPR RI dapil Cianjur, agar tol Cianjur dapat segera terwujud, sehingga perekonomian Cianjur khususnya wilayah utara dapat kembali pulih seperti dulu," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023