Badan Perencanaan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Jawa Barat membuka pendaftaran Gelar Inovasi Daerah (GID) 2023.

Kepala Bidang Litbang Bappedalitbang Kabupaten Bogor Riny Kusumawati di Bogor, Rabu, menjelaskan pendaftaran peserta dan penerimaan proposal inovasi dibuka hingga September 2023.

Tahap selanjutnya, katanya, seleksi administrasi substansi dan presentasi pada Oktober 2023.

"Salah satu syaratnya, seluruh karya inovasi adalah ciptaan sendiri, dibuktikan pernyataan disertai meterai," katanya.

Baca juga: Dua tahun pimpin Bogor, Ade Yasin berhasil "bidani" 411 inovasi daerah

Riny menyebutkan pada Gelar Inovasi Daerah kedelapan ini, Pemerintah Kabupaten Bogor ingin meningkatkan motivasi masyarakat, menunjang pengembangan wilayah, menumbuhkembangkan ide inovatif dan menjaring hasil inovasi.

"Tujuannya menjadikan Kabupaten Bogor lebih banyak lagi memiliki inovasi-inovasi baru, yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Sebanyak 10 kategori yang dilombakan pada GID 2023, yaitu kategori perangkat daerah, kecamatan, desa/kelurahan, puskesmas, perguruan tinggi, mahasiswa, pelajar SMA sederajat, pelajar SMP sederajat, masyarakat umum, dan Duta Inovasi Desa.

"Untuk kategori inovasi ada tiga kategori, yakni tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi bentuk lainnya," kata dia.

Baca juga: Lomba gelar inovasi daerah, 150 peserta adu lahirkan karyanya untuk Kabupaten Bogor

Ia menerangkan para peserta dapat mengirimkan usulan inovasi berupa proposal bahkan ekspose foto dan video, kemudian mengisi formulir pendaftaran dan membuat surat pernyataan belum pernah menang dalam lomba sebelumnya.

Usulan inovasi, kata dia, bisa langsung dibawa ke Sekretariat Bappedalitbang Kabupaten Bogor atau dikirim melalui Instagram/Facebook Sinova Jelita dan email gidkabupatenbogor@gmail.com.

"Lomba GID 2023 Kabupaten Bogor juga dapat diikuti warga luar, terpenting punya manfaat dan dampak untuk Kabupaten Bogor. Pendaftaran gratis," katanya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023