Aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mendadak tampil sebagai model dalam peragaan busana guna memperkenalkan batik khas daerah itu pada acara fashion show.

Mereka tampil mewakili perangkat daerah masing-masing di ajang yang turut dimeriahkan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama isteri Ria Sabaria dengan mengenakan koleksi busana batik Candrabhaga karya desainer kondang Nuniek Mawardi.

"Fashion show ini untuk memeriahkan Hari Koperasi Nasional ke-76 tingkat Jawa Barat sekaligus ingin mengangkat citra Batik Bekasi. Setelah kita lombakan antar perangkat daerah, ternyata banyak desain Batik Bekasi yang keren-keren," kata Dani Ramdan di Cikarang, Jumat.

Baca juga: Tri Adhianto apresiasi lomba desain Batik Bekasi
Baca juga: Forum UMKM sosialisasikan batik khas Bekasi ke sekolah-sekolah

Dani meyakini melalui ajang ini, Batik Bekasi semakin berkualitas hingga naik kelas. Tidak hanya mampu menggairahkan sektor UMKM batik berikut para desainer, namun juga menjadi titik awal kebangkitan ekonomi kreatif di Kabupaten Bekasi.

"Karena untuk lomba ini satu perangkat daerah itu bisa menghabiskan enam potong kain. Artinya, ada ratusan kain yang dibelanjakan oleh mereka dan mudah-mudahan ini jadi momentum kebangkitan para perajin batik dan desainer-desainer di Kabupaten Bekasi," ucapnya.
 
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bekasi Hudaya bersama isteri mengikuti peragaan busana pada acara Bekasi Fashion Week di Cikarang, Jumat, hingga berhasil meraih juara pertama kategori terbaik. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).


Pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong Batik Bekasi agar bisa tetap eksis dan berkembang. Ajang ini diharapkan menjadi agenda tahunan untuk mengangkat para perajin UMKM.

"Bahkan harus bisa menembus agenda nasional hingga internasional seperti di sini misalnya ada Festival Budaya Jepang, Festival Budaya Korea dan lain sebagainya. Kita akan dorong agar selain mengenalkan budaya mereka. Budaya lokal juga harus tampil baik dalam bentuk kesenian maupun fashion. Sekarang kita sudah banyak koleksi jadi bisa kita dorong untuk tampil," katanya.

Baca juga: Sugiarti dan mimpi lestarikan batik hingga sentra oleh-oleh khas Bekasi (Video)

Setelah melewati penjurian ketat akhirnya diputuskan juara 1 kategori terbaik jatuh kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta juara 1 kategori terheboh diraih Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik.

Selanjutnya juara 1 kategori terpede (percaya diri) diraih Dinas Koperasi dan UKM serta juara favorit oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023