Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengajak masyarakat melestarikan budaya lokal melalui kegiatan helaran atau suguhan atraksi seni daerah dalam bahasa Sunda.

Sekretaris Kecamatan Cibinong Apid Junaedi di Bogor, Kamis (27/7), menjelaskan bahwa helaran kali ini diselenggarakan pada momentum Haul Kasepuhan Karadenan, Mbah Raden SyafiI bin Raden Rasyid bin Raden Pangeran Sangiang.

Helaran ini menampilkan para pecinta budaya lokal dengan berkostum khas Sunda arak-arakan menyusuri jalan di kawasan Karadenan, Cibinong, Bogor.

Baca juga: Antusias warga saksikan pawai Helaran Seni Budaya Nusantara
Baca juga: Ini rute pawai Helaran HJB ke-537

"Selain dapat mempertahankan dan melestarikan budaya lokal, ini juga sebagai wadah bagi para tokoh dan seni budaya di wilayah Kecamatan Cibinong," ujarnya.

Apid mengaku terkesan dengan Helaran yang dikemas sederhana namun dapat menghibur masyarakat. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

"Agar nama Cibinong khususnya Karadenan terangkat, yang paling penting ini agar nilai-nilai budaya yang ada ini bisa terus diwariskan kepada generasi berikutnya,” papar Apid.

Baca juga: Peringatan HJB ke-537 di Kota Bogor akan lebih meriah

Sementara, Lurah Karadenan Aspriyanto menyebutkan, setelah terhenti karena COVID-19 pada tahun 2020-2021, kegiatan helaran budaya ini digelar kembali sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan memperingati Haul Kasepuhan Karadenan, Mbah Raden SyafiI bin Raden Rasyid bin Raden Pangeran Sangiang.

"Dengan helaran budaya ini kami juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat dan anak-anak akan sejarah," ujarnya.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023