Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) Jakarta menyiapkan sumber daya manusia (SDM) handal dalam industri perkeretaapian dengan membuka program studi sarjana teknik perkeretaapian.

"Kami akan melakukan grand launching Teknik Perekeretaapian FTUP pada Selasa, 18 Juli 2023," kata Dekan FTUP Dr.Ir.Budhi Muliawan Suyitno, saat acara Open House Mahasiswa Baru Reguler Khusus Semester Gasal 2023/2024 di Kampus Universitas Pancasila Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan Prodi Teknik Perkeretaapian FTUP adalah program studi baru yang saat ini memiliki keistimewaan dikarenakan program tersebut adalah satu-satunya program studi (prodi) sarjana teknik perkeretaapian dikelola oleh perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia.

Baca juga: Sekolah pascasarjana UP latih bisnis dan keuangan pekerja migran

"Saat ini sudah ada 54 orang calon mahasiswa baru yang mendaftar di Prodi Teknik Perkeretaapian FTUP," katanya.

Budhi Muliawan menjelaskan industri kereta api Indonesia tumbuh sangat cepat ada MRT, LRT dan juga kereta cepat jurusan Jakarta-Bandung sehingga diperlukan SDM yang unggul untuk menyeimbangkan kemajuan industri kereta api.

"Industri kereta api merupakan ramah lingkungan, massal sifatnya yang merupakan angkutan masa depan," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan mulai tahun pembelajaran 2023/2024, FTUP akan merealisasikan kerja sama dengan instansi-instansi terkait perkeretaapian seperti PT. KAI, MASKA, PT. Adhi Karya, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI dan instansi lain yang terkait.

Baca juga: FFUP: Program pengabdian kepada masyarakat untuk tingkatkan kesejahteraan

Serta beberapa kerja sama internasional di luar negeri melalui kantor LHKI (Lembaga Hubungan Kerjasama Internasional) di FTUP.

Kerja sama tersebut akan digencarkan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dan perjanjian kerja sama ( memorandun of agreement/MoA) dikarenakan program studi teknik perkeretaapian adalah satu-satunya program sarjana yang ada di universitas swasta di Indonesia.

Dengan berkembangnya kerja sama tersebut, maka diharapkan program studi tersebut akan menjadi pilihan terbaik bagi calon mahasiswa yang berminat serta ingin mempelajari lebih banyak tentang perkeretaapian.

FTUP melaksanakan sharing discussion bersama Dekan Fakultas Teknik Universitas Pencasila dan media dalam rangka Open House Mahasiswa Baru Reguler Khusus Semester Gasal 2023/2024 .

Baca juga: Universitas Pancasila dan Universiti Kebangsaan Malaysia gelar konferensi internasional ekonomi

FTUP memiliki beberapa Program Studi (Prodi) Sarjana (S-1) yakni Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Teknik Perkeretaapian serta Program Studi Diploma III Teknik Mesin dan Teknik Elektronika.

Prodi Magister (S-2) terdiri dari Magister Teknik Mesin (MTM) dan Magister Rekayasa Infrastruktur & Lingkungan (MRIL).

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023