Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melakukan percepatan perbaikan infrastruktur jalan untuk mengoptimalkan pembangunan daerah guna mendorong peningkatan mobilitas ekonomi masyarakat.

"Kami sudah berhasil merealisasikan perbaikan jalan kabupaten sepanjang 120 kilometer, saat ini sebagian sudah selesai, tentu ini meningkat dari tahun sebelumnya. Semoga tahun depan lebih meningkat lagi sehingga ruas jalan di kita berkualitas baik," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan akselerasi pembangunan dilakukan dengan mempercepat kegiatan lelang pekerjaan melalui skema katalog elektronik sehingga mampu memangkas proses birokrasi.

Baca juga: Banyak ditemukan jalan hancur, Pemkab Bekasi prioritaskan tambah anggaran pembangunan infrastruktur

Pihaknya juga melakukan pemantauan serta pengawasan secara intensif terhadap pekerjaan perbaikan jalan yang sedang berlangsung untuk memastikan kualitas serta efektivitas dari segi waktu pengerjaan.

Salah satu pekerjaan infrastruktur fisik yang sedang diperbaiki adalah Jalan Wanasari-Cibitung atau sejajar dengan kawasan Cikarang Bekasi Laut (CBL) sepanjang total dua kilometer dan menjadi akses utama aktivitas perekonomian warga sekitar.

Dari beberapa titik jalan tersebut, perbaikan saat ini tinggal menyisakan satu ruas jalan lagi. "Memang belum tuntas seluruhnya, tapi akan kami kebut semua dan yang belum dilakukan perbaikan akan dilanjutkan tahun depan," katanya.

Baca juga: Anggaran infrastruktur Bekasi jadi prioritaskan

Dani menyebut progres perbaikan jalan di seluruh ruas jalan kabupaten telah mencapai 10 persen namun akan terus dioptimalkan secara bertahap sehingga bisa dituntaskan sebelum akhir tahun ini.

"Masih sekitar 10 persen-an perbaikan jalan di total sepanjang 120 kilometer itu. Semua sedang dikerjakan serentak," ucap dia.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan alokasi perbaikan jalan pada APBD 2023 mencapai Rp300 miliar dan sudah mulai direalisasikan untuk pembangunan.

Baca juga: Pemkab Bekasi tinjau titik perbaikan jalan di sejumlah wilayah

Dia mengaku jumlah tersebut masih belum mencukupi untuk perbaikan menyeluruh. Inisiatif penambahan anggaran dari legislatif diyakini mampu menambah jumlah jalan yang diperbaiki.

"Idealnya itu ada penambahan anggaran 30 persen dari APBD ini. Jumlah itu sudah cukup baik untuk di anggaran perubahan nanti. Kemudian di 2024 juga perlu penambahan agar pembangunan bisa jauh lebih maksimal lagi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023