Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) kembali memberikan bantuan pasang listrik gratis untuk 300 rumah warga kurang mampu yang rencananya akan dipasang pada tahun 2023.

"Alhamdulillah, di 2023 ini, kita akan alokasikan untuk pasang listrik gratis rumah tangga untuk 300 rumah bagi masyarakat kurang mampu,” kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa.

Adapun rinciannya antara lain sebanyak 35 rumah di Kota Tarakan, 75 rumah di Kabupaten Bulungan, 70 rumah di Kabupaten Nunukan, 60 rumah di Kabupaten Malinau dan 60 rumah di Kabupaten Tana Tidung.

Baca juga: PLN Karawang gelar penyambungan listrik gratis pada momentum bulan Ramadhan

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltara Raden Adi Hernadi Ismail Syah menambahkan bahwa bantuan pasang listrik gratis di wilayah Kaltara telah dilakukan proses survei dan verifikasi lapangan.

“Sebanyak 300 KK (Kepala Keluarga,red) itu sudah kami tetapkan nama-namanya dan sekarang sedang berproses di Biro Hukum untuk penetapan Surat Keputusan (SK) Gubernur. Barulah setelah itu dilakukan pemasangan,” kata Adi.

Bantuan pasang listrik gratis kepada 300 keluarga miskin atau kurang mampu berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca juga: PLN alirkan listrik terangi 750 keluarga kurang mampu Jawa Tengah

“Tahapannya, pertama melalui surat usulan dari Kepala Desa. Kepala Desa mengusulkan rumah-rumah yang belum memiliki kWh meter PLN, kemudian dilakukan survei dan verifikasi data sesuai data P3KE maupun data terpadu sosial (DTKS) yang menjadi acuan kami,” kata Adi.

Hal ini juga sesuai dengan instruksi Gubernur Kaltara Nomor 000.9.1/4979/BAPP-LIT/GUB tentang Instruksi Melaksanakan Target Capaian 14 Persen Balita Stunting dan 0 Persen Miskin Ekstrem Tahun 2024 di Kaltara.

Adapun bantuan pasang listrik gratis, lanjut Adi, masing-masing KK mendapatkan bantuan sebesar 4 A atau 900 VA. Fasilitas seperti pasang listrik rumah menjadi satu paket bersama instalasi listrik.

Baca juga: PLN Bekasi bantu sambung listrik gratis kepada warga kurang mampu

“Meliputi 3 titik lampu, 1 stop kontak dan 1 arde atau grounding. Ada juga pemeriksaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta pengisian token listrik perdana secara gratis,” kata Adi.

Sebagai informasi, periode tahun 2021-2022, Pemprov telah menyalurkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 514 rumah tangga tidak mampu yang tersebar di 5 kabupaten/kota di Kaltara.

Hal ini bertujuan untuk pemerataan akses kelistrikan hingga ke pelosok Provinsi Kaltara agar target rasio elektrifikasi dapat tercapai 100 persen pada tahun 2026.
 

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023