Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggiatkan pelayanan "jemput bola" ke masyarakat melalui pameran produk usaha mikro kecil menengah lokal.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh di Karawang, Jumat, mengatakan, kegiatan pelayanan "jemput bola" ke masyarakat ini bernama Gebyar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

"Kegiatan Gebyar Paten ini digelar dua kali dalam sepekan, setiap Rabu dan Jumat. Tahun ini digelar secara bergantian di 30 kecamatan sekitar Karawang," katanya.

Pada Jumat ini, kegiatan Gebyar Paten digelar di halaman kantor Kecamatan Jayakerta, Karawang. 

Wakil Bupari menyampaikan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang melakukan pelayanan dengan baik pada kegiatan Gebyar Paten 

"Semua kegiatan pelayanan publik harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat, jadi dilakukan kegiatan jemput bola pelayanan," katanya.

Selain pelayanan yang melibatkan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang, pada kegiatan itu juga terdapat 12 pelayanan dari BUMN, BUMD dan Samsat. 

Menurut dia, program atau kegiatan Gebyar Paten menjadi salah satu program unggulan Pemkab Karawang untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. 

"Gebyar Paten ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat, karena semua pelayanan berada dan tersentral, dan bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan," katanya.

Sementara untuk memeriahkan kegiatan Gebyar Paten, digelar juga pameran produk lokal UMKM yang ada di desa-desa.

"Setiap desa menampilkan produk UMKM lokal. Jadi kami berharap muncul ciri khas UMKM desa masing-masing di setiap kecamatan, untuk terus berkembang dan dikenal masyarakat,” katanya.

Di setiap kegiatan Gebyar Paten, Wabup memborong produk UMKM lokal yang dipamerkan. Hal tersebut dilakukan untuk memberi dorongan agar para pelaku UMKM lokal bisa lebih bersemangat dalam menghasilkan produk unggulan.

Diharapkan, dengan adanya pameran UMKM lokal di Gebyar PATEN, itu bisa menjadi ajang untuk pemasaran dan meningkatkan hasil penjualannya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023