Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengungkapkan sejumlah capaian dalam pembangunan daerah pada momentum peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Senin, menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor meningkatkan secara intensif di wilayah pedesaan.

"Bahkan di awal periode RPJMD ada 45 desa tertinggal di Kabupaten Bogor. Saat ini sudah nol desa tertinggal, 90 desa berkembang, 231 desa maju dan 95 desa mandiri," kata Iwan.

Menurut Iwan, Pemerintah Kabupaten Bogor mengandalkan Program Satu Miliar Satu Desa atau Samisade untuk terus membangun infrastruktur desa, agar masyarakat desa merasakan fasilitas dasar yang baik.

Iwan menyebutkan, pihaknya juga berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya dengan cara mengangkat ribuan guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
 
“Kemudian, pendidikan inklusif diadakan hampir di setiap Kecamatan, 1.200 pemuda difasilitasi beasiswa perguruan tinggi hingga selesai dan 1.000 hafidz dilahirkan dari program Tahfidz Qur’an,” katanya.
 
Pemerintah Kabupaten Bogor juga terus berupaya memberikan kepastian hukum dan perlindungan khususnya bagi perempuan dan anak Kabupaten Bogor salah satunya melalui program Isbat Nikah. 

Kemudian juga program intervensi stunting untuk melahirkan generasi Kabupaten Bogor yang sehat.
 
“Alhamdulilah dalam waktu empat tahun angka stunting juga turun dari 32,9 persen menjadi 4,78 persen,” jelas Iwan.

Menurutnya, berbagai keberhasilan Kabupaten Bogor tidak terlepas dari kerjasama, sinergi, kolaborasi dan dukungan dari semua pihak mulai dari Forkopimda hingga masyarakat.
 
“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap Forkopimda, aparatur, serta seluruh elemen masyarakat sipil atas dukungan dan kepercayaan serta sinergi yang baik dalam melaksanakan pembangunan daerah," tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023