Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan mengajak masyarakat membumikan nilai-nilai Pancasila dengan membangkitkan kembali semangat gotong-royong.

"Saya mengajak kepada kita semua, seluruh elemen bangsa, untuk terus membumikan dan mengaktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila dengan terus mengedepankan semangat gotong royong dalam membangun bangsa dalam koridor NKRI," kata Iwan pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016, tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila yang ditandai dengan pidato Presiden Soekarno dalam sidang BPUPKI, dimana pertama kali mengemukakan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Baca juga: Belasan ribu pengunjung padati TMII saat libur panjang Hari Lahir Pancasila

Iwan mengungkapkan bahwa sejarah telah membuktikan nilai-nilai Pancasila, semangat persatuan kesatuan dan gotong royong, telah berhasil mengantarkan bangsa ini melewati berbagai tantangan dan ujian sepanjang perjalanan.

Menurutnya, Hari Lahir Pancasila merupakan momentum bersejarah yang patut disyukuri, karena Pancasila sebagai dasar negara telah menjadi bintang yang menuntun perjalanan bangsa Indonesia sejak merdeka hingga kini.

Terlebih, kata dia, di tengah beragam tantangan global, sangat penting bagi seluruh elemen bangsa untuk senantiasa menjaga semangat, solidaritas, persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila momentum untuk bergotong royong bangun peradaban

“Serta memperkuat sinergi dan kolaborasi atau saling bergotong royong dalam pembangunan agar semakin berdaya saing dan demi mewujudkan kesejahteraan bangsa,” terangnya.

Iwan juga mengajak masyarakat untuk menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

Ia melakukan Gerakan Nasional Pembagian Bendera Merah Putih yang berlangsung mulai 1 Juni 2023 hingga 31 Agustus 2023, dengan melibatkan swadaya seluruh komponen masyarakat.

“Ini kami lakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan menggugah rasa cinta tanah air di masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Presiden RI ajak anak muda bangsa untuk bumikan Pancasila

Di samping itu, ia mengaku ingin menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila momentum meneguhkan komitmen bersama, untuk membangun peradaban yang maju dan menjadi bagian dari masyarakat dunia.

“Dengan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila, insya Allah kita dapat membangun bangsa Indonesia semakin kuat, maju, sejahtera dan bermartabat,” kata Iwan.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023