Jakarta (Antara Megapolitan) - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM menggelar acara Gebyar UKM Indonesia 2016 bertajuk Membangun Kewirausahaan Lokal yang dibuka di Galeri Indonesia WOW SMESCO RumahKU di Jakarta.

Direktur Utama LLP-KUKM Kemenkop dan UKM Ahmad Zabadi di Jakarta, Jumat memberikan apresiasi atas terselenggaranya Gebyar UKM Indonesia 2016, yang bertujuan untuk meningkatkan mutu atau kualitas UKM di Indonesia.

Acara Gebyar UKM ini diselenggarakan di 18 kota besar di Indonesia, yang akan menghadirkan tiga agenda utama pada setiap kegiatannya. Yaitu, seminar, kurasi produk, dan pameran. Jakarta menjadi tempat pertama diselenggarakannya Gebyar UKM tahun ini.

Setelah Jakarta, Gebyar UKM akan kembali digelar di 17 kota besar lainnya. Yaitu, Medan, Solo, Palembang, Balikpapan, Makassar, Pekanbaru, Surabaya, Bandung, Manado, Pontianak, Jogjakarta, Semarang, Banda Aceh, Padang, Banjarmasin, Jayapura, dan ditutup di Bali.

"Acara ini membuka peluang bagi para UKM untuk menunjukkan kualitas produknya melalui kurasi. Nanti kurasi akan dipilih oleh Staf Khusus Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Samuel Wattimena," kata Zabadi dalam keterangan tertulisnya.

Zabadi mengatakan produk yang lulus tahap kurasi akan mendapatkan berbagai benefit. Salah satunya, adalah tempat berpromosi di Galeri Indonesia WOW. Gebyar UKM, kata dia, mengajak produk-produk UKM lokal untuk melakukan pameran agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Acara tersebut juga menjadi ajang pemberian apresiasi dari organisasi small medium enterprise dunia International Council for Small Business (ICSB) kepada insan penggiat UKM Indonesia yang didasarkan 4 pilar. Yaitu, Policy Maker, Academicians, Researcher, and Business Practitioner.

Kegiatan itu juga, lanjut Zabadi, sebagai tolok ukur bagi UKM mitra LLP-KUKM untuk mengembangkan promosi dan pemasarannya. Apalagi dalam pentas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan kian ketat.

Artinya, UKM harus memiliki produk unggulan yang inovatif dan berdaya saing. Dalam kegiatan itu, kesempatan bagi UKM menunjukkan kualitas produk di hadapan masyarakat dan tim kurator.

Perlu digarisbawahi, kata Zabadi, LLP-KUKM atau Smesco Indonesia berfungsi membantu meningkatkan kapasitas pemasaran KUKM sehingga akses pasar mereka tumbuh lebih besar, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, President Asia Council for Small Business Hermawan Kartajaya mengatakan, acara tersebut diperuntukkan bagi pelaku UKM agar bisa bertahan di era MEA. Banyak hal yang diperlukan oleh UKM seperti produk bagus, pelayanan baik, kualitas, dan kontinuitas yang terjaga.

Dia menambahkan, mentalitas dan manajemen yang baik juga sangat penting bagi UKM untuk tetap maju pada derasnya persaingan MEA. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016