Bogor (Antara Megapolitan) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akan menambah jumlah taman dengan membangun satu taman tematik lagi di tahun 2017.

"Tahun depan ada proyek taman tematik, kalau bisa direalisasikan ide dari pelajar untuk membangun taman pendidikan," kata Bima dalam dialog dengan pelajar Komunitas Pecinta Museum di Balai Kota Bogor, Jumat.

Sebelumnya, seorang pelajar mengusulkan agar Kota Bogor memiliki taman pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar sebagai tempat berkumpul, berdiskusi dan menggelar kegiatan yang menunjang minat belajar.

Usulan pelajar tersebut direspon baik oleh Bima Arya dan akan mengakomodir usulan dan mensinkronkannya dengan rencana pembangunan taman tematik tahun 2017.

"Ide taman pendidikan boleh juga, idenya bagus bisa digunakan oleh pelajar untuk belajar, diskusi dan bedah buku," katanya.

Untuk opsi lokasi, lanjut Bima, ada lahan di daerah Pangrango Plaza yakni Taman Malabar, yang ide awalnya untuk dijadikan taman Informatika dilengkapi wifi, dapat dialihkan menjadi taman pendidikan seperti yang diusulkan pelajar.

Bima mengatakan tahun 2016 ada dua taman tematik yang sedang disiapkan oleh Pemkot Bogor yakni Taman Kaulinan dan Taman Selfie yang akan dioperasikan awal 2017.

"Taman Kaulinan ini berisi permainan tradisional, ini salah satu upaya kita menangkal `game` Pokemon Go, biar pelajar bermain lagi permainan tradisional, mengenalnya dan melestarikannya," katanya.

Selain Taman Selfie, juga ada Taman Cinta, sebagai representatif dari capaian Kota Bogor meraih predikat sebagai `The Most Lovable City` pada kampanye global perubahan iklim.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Yadi Cahyadi mengatakan tahun 2017 Pemkot Bogor akan membuat taman tematis di Jl Manunggal Kecamatan Bogor Barat.

"Rencana tahun 2017 ada satu taman tematis yang akan dibangun di Jl Manunggal, belum tau konsepnya apa, tetapi rencananya mau dijadikan taman khusus pelajar berbentuk huruf dan angka," katanya.

Menurut Yadi, taman tersebut memiliki luas sekitar 1,5 hektare. Untuk anggaran masih dibahas dalam DED yang disusun November nanti.

"Bisa saja usulan pelajar untuk membangun taman pendidikan kita akomodir, akan kita bicarakan lagi dan ajak pelajar untuk memberi sumbang saran," katanya.

Sejak 2015 Pemerintah Kota Bogor telah membangun sejumlah taman tematis di antaranya, Taman Corat-Coret, Taman Kencana, Taman Bogor, Taman Air Mancur, Taman Ekspresi, Taman Heulang dan Taman Skatepark.

Pemerintah Kota Bogor ingin mengubah wajah kota yang dulu dikenal dengan sejuta angkot diganti dengan julukan kota sejuta taman.


Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016