Jamaah calon haji asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mulai diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah pada musim haji tahun ini. 

"Semoga jamaah calon haji asal Karawang diberi kelancaran dalam perjalan menuju Makkah dan Madinah,” kata Sekda Karawang Acep Jamhuri saat melepas keberangkatan jamaah calon haji, di Karawang, Sabtu.

Ia berharap jamaah calon haji asal Karawang dapat menjalankan ibadahnya secara khusu dan nantinya bisa kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat. 

Pada kesempatan itu, Sekda juga mengimbau agar jamaah calon haji Karawang bisa tetap mengikuti panduan selama beribadah di Tanah Suci Makkah. 

Ia juga meminta agar para jamaah calon haji asal Karawang  menata niat serta fokus beribadah.

"Hari ini kita bersama-sama melepas 397 calon haji, ditambah delapan petugas haji dengan total 405 orang. Mereka tergabung dalam kloter 11," katanya.

Pada musim haji tahun ini, Karawang mendapatkan kuota jamaah calon haji sebanyak 2.134 orang, yang dibagi ke dalam enam kelompok terbang (kloter).

Untuk pelepasan jamaah calon haji asal Karawang digelar di halaman Yonif Para Raider 305/Tengkorak, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang.

Sesuai dengan catatan Kementerian Agama Karawang, terdapat sekitar 200-an jamaah calon haji yang batal berangkat ke Tanah Suci Makkah pada tahun ini. 

Di antara faktor yang menyebabkan mereka gagal berangkat ialah karena persoalan ekonomi, psikologi, hingga tidak adanya pendamping atau mahram. 

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023