KBRI Sofia menyelenggarakan "Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara", sebuah konser yang bertujuan untuk merayakan persahabatan dan kekayaan warisan budaya Indonesia dan Bulgaria.

Konser yang menawarkan perpaduan pertunjukan musik tradisional dan kontemporer Indonesia tersebut akan dilaksanakan pada 8 Juni 2023 di Ancient Theater Plovdiv, yang berjarak sekitar 90 menit dari Kota Sofia.

Tema “Harmonizing the Nature of Nusantara” dipilih untuk menjalankan fokus program pemerintah Indonesia dalam mempromosikan Nusantara sebagai sustainable forest city ke masyarakat internasional, menurut keterangan KBRI Sofia, Sabtu.

Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta memprakarsai Harmonature pada 2021 dan bersama dengan seluruh tim KBRI Sofia mempersiapkan secara detail acara tersebut selama hampir satu tahun untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung.

Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Bulgaria tentang budaya Indonesia dan Nusantara, konser tersebut juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Bulgaria, khususnya Plovdiv, sebagai kota budaya, kepada masyarakat Indonesia.

Ethnochestra, yang dipimpin oleh konduktor ternama Erwin Gutawa, terdiri dari hampir 50 pemain dari Indonesia yang akan menampilkan tradisi musik dinamis kepulauan Indonesia. Melalui melodi tradisional yang berpadu dengan musik kontemporer, penonton akan dibawa ke lanskap Indonesia yang menawan.

Perpaduan modern dan sejarah kuno juga akan tampak pada proyeksi pemetaan 3D spektakuler oleh Jay Subiakto dan Taba. 

Petya Paneva, penyanyi Bulgaria dan pemenang The Voice of Bulgaria 2021, akan berkolaborasi dengan penyanyi Indonesia, Woro Mustika (Indonesian Idol 2021) untuk memadukan kekayaan tradisi musik Bulgaria dan Indonesia.

andhy Sundhoro, pemenang International Contest of Young Pop Singer New Wave 2009, dan Gabriel Harvionto juga akan tampil pada pergelaran itu.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023