Palang Merah Indonesia (PMI) memperpanjang pelayanan kemanusiaan untuk warga penyintas gempa Cianjur, Jawa Barat, sampai bulan Agustus, termasuk menjalankan sejumlah program bantuan bagi pemulihan perekonomian warga terdampak hingga akhir tahun.

Wakil Sekretaris PMI, Sunarbowo Sandi di Cianjur Jumat, mengatakan, pelayanan yang masih terus berjalan seperti pelayanan kesehatan, pendistribusian air bersih, pipanisasi dan sanitasi akan tetap berjalan yang awalnya operasi berakhir di bulan Mei, diperpanjang hingga tiga bulan namun beberapa pelayanan akan dikurangi.

"Kami melihat sejumlah pelayanan masih tetap dijalankan karena informasi dari Bupati Cianjur, puluhan ribu warga masih tinggal di dalam tenda dan hunian darurat, termasuk program pemulihan perekonomian akan kita rencanakan bersama federasi," katanya.

Baca juga: PMI bangun ratusan hunian sementara bagi korban gempa di Cianjur

Sunarbowo menjelaskan, pelayanan kemanusiaan yang diperpanjang sebagian besar akan dikurangi dan tetap melibatkan relawan PMI Cianjur, namun dengan jumlah yang terbatas, sampai batas waktu penyintas kembali ke rumah yang sudah dibangun kembali.

Baca juga: PMI masih berikan pelayanan kesehatan warga korban gempa Cianjur setiap hari ke pengungsian
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023