Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami mengatakan koperasi memiliki peran vital dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan anggota maupun masyarakat Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Koperasi merupakan sebuah bentuk organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk untuk meningkatkan kesejahteraan baik untuk anggotanya sendiri maupun masyarakat," katanya di Sukabumi, Kamis.

Dia mengemukakan kelompok masyarakat yang mendirikan atau membentuk koperasi tentunya harus memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan setiap bisnis yang dijalankan dengan target utama bisa memberikan kesejahteraan minimal untuk anggotanya.

Baca juga: Produk UMKM diminta gabung ke dalam wadah koperasi

Dalam melaksanakan berbagai kegiatan atau usahanya, katanya, koperasi membutuhkan manajemen yang efektif dan efisien agar dapat beroperasi secara optimal dan memberikan manfaat yang maksimal bagi anggota bahkan orang lain.

Tentunya, kata dia, setiap pengurus serta anggota harus selalu memperkuat atau meningkatkan kemampuan dalam mengelola manajemen koperasi. Manajemen merupakan hal penting dalam keberlangsungan usaha koperasi.

Ia menjelaskan dengan manajemen yang kuat dan berkualitas bisa meningkatkan kinerja dan keberlanjutan kegiatan koperasi.

Baca juga: Tidak aktif, puluhan koperasi di Kota Sukabumi terancam dibekukan

Jika hal ini terlaksana, kata dia, dipastikan setiap anggotanya bisa sejahtera dan ekonominya terus meningkat.

Untuk membantu koperasi dalam upaya peningkatan dan penguatan manajemen koperasi, Pemerintah Kota Sukabumi sudah menyiapkan berbagai program, salah satunya dengan memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat).

Diklat untuk pengurus dan anggota koperasi ini salah satu upaya Pemkot Sukabumi dalam memberikan langkah strategis dan efektif agar koperasi bisa terus berkembang.

Baca juga: Ada 77 koperasi di Sukabumi dibubarkan

Tujuan dari itu semua untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran anggota koperasi tentang pentingnya manajemen yang baik sehingga bisa memiliki kompetensi serta memahami peran dan tanggung jawab anggota dalam mengelola koperasi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023