Seluruh kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melakukan penandatanganan komitmen untuk meningkatkan pelayanan publik.

"Ini (penandatanganan komitmen) dilakukan sebagai bentuk keseriusan kita dalam melakukan akselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Rabu.

Ia menyampaikan, selain sebagai tanda keseriusan pemkab dalam meningkatkan pelayanan publik, penandatanganan komitmen itu juga bertujuan untuk memotivasi penyelenggara pelayanan publik.

Baca juga: Bupati Purwakarta serahkan bantuan kendaraan dan laptop untuk sekolah pada peringatan Hardiknas

Dengan begitu, mereka bisa terus berkomitmen dalam melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan publik.

Penandatanganan komitmen bersama seluruh kepala organisasi perangkat daerah yang digelar di kompleks Pemkab Purwakarta itu disaksikan langsung oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat.

Disebutkan kalau Ombudsman juga mengapresiasi keterbukaan pelayanan publik, program pelayanan publik "jemput bola" (gempungan) di Purwakarta.

Apresiasi disampaikan karena layanan publik yang baik akan mempermudah masyarakat dalam menyelesaikan urusan yang menjadi tuntutan dasar yang harus dimiliki masyarakat.

Baca juga: Pemkab Purwakarta siapkan 1.000 lokasi pelayanan imunisasi pada PIN polio

Bupati menegaskan, jajarannya akan terus berupaya memberikan pelayanan publik terbaik.

Pelayanan tersebut diantaranya dengan melaksanakan berbagai jenis pelayanan publik sampai di tingkat desa. Selain juga dilakukan pelayanan publik di mall pelayanan publik.

Sementara untuk lebih meningkatkan pelayanan publik, Pemkab Purwakarta kini tengah melakukan sosialisasi mengenai penyusunan standar pelayanan publik.

Sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah melalui Bagian Organisasi.

Baca juga: Diskominfo Purwakarta tangani 83 pengaduan masyarakat melalui aplikasi sepanjang 2022

Kegiatan itu merupakan tahapan awal dari program pendampingan semi intensif Ombudsman Republik Indonesia di Purwakarta pada tahun 2023.

"Adanya pendampingan dari Ombudsman ini sebagai salah satu upaya guna melakukan akselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik di Purwakarta," kata Anne. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023