Aktivitas mudik membutuhkan persiapan yang matang khususnya bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh, membawa barang bawaan yang tidak sedikit, inilah tipsnya

Berkemas saat malam hari

Pada saat mudik, biasanya orang-orang menghabiskan waktu yang cukup lama di kampung halaman. Ini artinya diperlukan barang bawaan yang tidak sedikit, belum lagi oleh-oleh untuk keluarga.

Sahur dengan menu sehat dan porsi yang cukup dan Konsumsi multivitamin

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan diri tidak melewatkan makan sahur. Ini karena mudik membutuhkan energi, dan biasanya sarana transportasi umum sangat padat sehingga para pemudik harus berjibaku dengan pemudik lain. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan porsi yang cukup agar mempunyai tenaga.

Terkadang, makanan sehat saja belum cukup sehingga seseorang bisa menambahkan konsumsi multivitamin sebagai cadangan energi saat mudik. Untuk wanita, bisa memilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi. Sedangkan untuk pria, dapat memilih kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi agar kondisi fisik dalam perjalanan dapat terjaga dengan baik.

Pilih keberangkatan di malam hari

Jika perjalanan berlangsung cukup panjang, orang-orang disarankan melakukannya di malam hari. Perjalanan di malam hari memungkinkan mereka untuk bisa beristirahat secara optimal. Ditambah lagi, orang-orang bebas makan dan minum selama perjalanan sehingga puasa tidak akan terganggu.

Gunakan pakaian yang nyaman dan istirahat yang cukup

Saat mudik, gunakanlah pakaian yang nyaman, jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan panas. Gunakan pakaian yang sedikit longgar agar tubuh bisa bergerak bebas. Pastikan juga membawa jaket atau selimut untuk mengatasi hawa dingin di dalam transportasi mudik.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023