Kepolisian Resor Sukabumi Kota, Jawa Barat, mengerahkan ratusan personel gabungan untuk pengamanan pada Operasi Ketupat Lodaya 2023 serta memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pemudik pada Lebaran 2023.

Personel Polres Sukabumi Kota yang diterjunkan pada Operasi Ketupat Lodaya ini sebanyak 480 personel.

"Mereka dibantu 245 personel gabungan TNI dan instansi terkait lainnya serta 144 sukarelawan dari organisasi kemasyarakatan Sukabumi sehingga totalnya sebanyak 869 personel," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo usai menggelar apel pergeseran pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di kawasan Terminal Tipe A Kota Sukabumi, Senin.

Baca juga: Polres Sukabumi pasang puluhan CCTV untuk pantau lalu lintas saat arus mudik lebaran

Menurut Ari, ratusan personel gabungan tersebut ditempatkan atau disiagakan di 17 pos yang terdiri atas satu pos terpadu, 14 pos pengamanan (pospam), dan dua pos pelayanan.

Selain bersiaga di pos-pos yang sudah disiapkan, baik yang berlokasi di sekitar pusat perdagangan, pemerintahan, wisata, maupun keramaian, sejumlah personel berpatroli keliling hingga ke pelosok permukiman masyarakat.

Ia mengatakan mereka tidak hanya untuk memberikan pengamanan selama Operasi Ketupat Lodaya 2023, tetapi juga untuk melayani masyarakat, khususnya pemudik yang melewati jalur mudik Sukabumi yang butuh pelayanan, seperti informasi mengenai arus lalu lintas dan tempat istirahat.

Baca juga: Kapolres Sukabumi pastikan jalur Pansela layak digunakan untuk jalur mudik lebaran

Kemungkinan besar, kata dia, jumlah pemudik yang datang ke wilayah hukumnya lebih banyak jika dibandingkan dengan musim mudik tahun lalu. Selain itu, Kota dan Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan mudik lebaran.

"Kami pun mengimbau kepada para pemudik agar memanfaatkan pos-pos yang telah kami dirikan, baik untuk mencari informasi beristirahat maupun yang membutuhkan pelayanan lainnya," tambahnya.

Di sisi lain, pihaknya pun mengimbau kepada warga yang hendak mudik agar tidak menggunakan atau membawa barang-barang yang menarik perhatian pelaku tindak kejahatan.

Baca juga: Polres Sukabumi tingkatkan pengamanan cegah tindakan kriminal

Selain itu, selalu menggunakan perlengkapan keselamatan dalam berkendaraan, sebelum berangkat untuk memeriksa kondisi kendaraan, dan tidak memaksakan melanjutkan mengemudi jika kondisi tubuh lelah, mengantuk, atau tidak fit antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023