Universitas Indonesia (UI) menerima kunjungan National Quemoy University (NQU) Taipei, Taiwan untuk menjajaki kemungkinan berkolaborasi membangun ikatan yang kuat dengan memperluas koneksi antaruniversitas, yang dapat merekrut lebih banyak mahasiswa internasional dari berbagai negara dan program "short-term exchange".

Sekretaris UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. di Kampus UI Depok, Senin mengatakan dengan adanya kolaborasi kerja sama sebelumnya antara UI dan NQU, diharapkan dapat meningkatkan kegiatan kolaborasi yang lebih kuat untuk selanjutnya.

Delegasi dari NQU dipimpin oleh Professor and Dean of international Office, Dr. Yvonne Yu-Fang Yen; Secretary of Dean of international office at NQU, Huang ShuLin; dan Student of Business Administration, Vicente Maximilliano.

Baca juga: FKM dan FIK UI raih akreditas internasional dari AHPGS

Dari pihak UI yang hadir menerima kunjungan tersebut adalah Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D.; Kepala Kantor Urusan Internasional, drg. Baiduri Widanarko, M.KKK, Ph.D., dan Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Dra. Amelita Lusia, M.Si.

Penandatanganan kerja sama antara UI dan NQU telah dilakukan pada masa pandemi COVID-19, dan kunjungan ini adalah kedatangan perdana bagi pihak NQU ke Kampus UI Depok.

Kedua perguruan tinggi ini menyepakati kerja sama dalam ruang lingkup mobilitas program akademik dan non-akademik untuk tenaga kependidikan dan mahasiswa, pertukaran pelajar, serta program riset bersama .

Baca juga: FIK UI jadi Fakultas Ilmu Keperawatan terbaik di Indonesia versi EduRank.org

Di NQU sebelumnya sudah ada salah seorang mahasiswa UI dari Jurusan Sastra China, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) angkatan 2019, yaitu Adinda Nur Safitri.

Ia mengikuti program pertukaran pelajar ke NQU pada semester lalu. Keaktifannya semasa kuliah di NQU, menurut Dr. Yvonne Yu-Fang Yen, seolah menghadirkan UI lebih dekat lagi kepada pihak kampus di sana.

Ia manyampaikan UI merupakan salah satu universitas dengan reputasi akademik yang baik secara global, memiliki mahasiswa dengan performa yang baik pula dalam mewakili kampusnya di tempat kami, sehingga menjadikan UI sebagai salah satu universitas mitra destinasi pilihan NQU.

Baca juga: Akademisi: Inovasi sosial perlu dilakukan untuk menuju Indonesia Unggul

"Diharapkan dengan adanya pertemuan ini, akan mampu menarik mahasiswa yang lebih banyak dalam melakukan perjalan pertukaran pelajar ke depannya," katanya.

Kedua universitas menawarkan kolaborasi yang mencakup Pertukaran Tenaga Kependidikan Fakultas (Joint Courses), Student and Staff Visits, Student Exchanges, dan Summer Courses antarkedua perguruan tinggi, demikian Yvonne Yu-Fang Yen.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023