Sebanyak 750 pengusaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Purwakarta, Jabar, akan mengikuti pendidikan dan pelatihan digitalpreneur pada tahun ini, untuk meningkatkan kemampuan digital dan mengembangkan bisnis mereka.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, Karliati Juanda, Minggu, mengatakan, 750 pelaku UMKM yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut berasal dari 17 kecamatan sekitar Purwakarta.

Ia menyampaikan, melalui pendidikan dan pelatihan tersebut para pelaku UMKM di Purwakarta akan mendapatkan pengetahuan seputar ekonomi digital, termasuk broadcasting, bisnis e-commerce, digitalisasi konten, e-learning, dan bisnis afiliasi.

Baca juga: Pemkab Purwakarta dorong pelaku UMKM melek teknologi

Dikatakannya, program itu digulirkan untuk membantu para UMKM di Purwakarta untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pelaku usaha dalam bidang digital dan memperluas jangkauan bisnis.

"Ini juga bagian dari upaya kami untuk menciptakan wirausaha baru digitalpreneur menjadi naik kelas," katanya.

Program untuk ratusan pelaku UMKM ini akan dilaksanakan di pada 1 Mei hingga 31 Juli 2023.

Baca juga: Pemkab Purwakarta dorong pengembangan berbagai produk unggulan di desa-desa

Diharapkan agar para pelaku UMKM di Purwakarta tidak melewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan digital dan mengembangkan bisnis mereka.

Sementara itu, Pemkab Purwakarta mendorong para pelaku UMKM melek teknologi agar mampu menerapkan pola pemasaran digital.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, menyampaikan, hingga saat ini cukup banyak pelaku UMKM di daerahnya yang masih menerapkan pola pemasaran secara konvensional.

Baca juga: Pemkab Purwakarta sediakan Rp1 miliar untuk bantu ratusan pelaku UMKM

Atas hal tersebut, Pemkab Purwakarta akan mendorong para pelaku UMKM itu agar bisa lebih melek teknologi, guna memperluas pemasarannya. Sehingga, ke depan mereka tak lagi mengandalkan pasar konvensional saja.

"Di era digital seperti sekarang ini para pelaku UMKM harus bisa lebih berinovasi, seperti memanfaatkan jejaring pasar online sebagai akses pemasarannya," kata bupati. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023