Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat selama periode bulan puasa melalui Program Satukan Ritme Gebyar Pelayanan, dengan nama Ramadhan Sregep.

"Ramadhan Sregep sebagai program layanan masyarakat selama bulan puasa ini akan kami padukan dengan kegiatan safari Ramadhan pemerintah daerah," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kabupaten Bekasi Bennie Yulianto Iskandar di Cikarang, Jumat.

Dia menjelaskan Ramadhan Sregep merupakan program terpadu dari lintas perangkat daerah untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan seperti dokumen administrasi kependudukan, layanan kesehatan, ketenagakerjaan, perbankan, pengiriman paket pos, serta layanan lain. 

Program Ramadhan Sregep akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2023 bersamaan dengan acara Safari Ramadan di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan.

Ia menyebutkan  beberapa instansi turut terlibat program ini antara lain Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, BPJAMSOSTEK, Bank BJB, hingga PT Pos Indonesia.

Kegiatan ini mengambil waktu lebih awal yakni mulai pukul 14.00 WIB hingga menjelang waktu ashar. Setelah itu dilanjutkan dengan Safari Ramadhan hingga selesai waktu maghrib.

"Ramadhan Sregep ini mulai dari jam dua siang sampai selesai. Jadi sekalian ngabuburit sambil melakukan pelayanan," katanya.

Bennie mengaku kegiatan tersebut dihadirkan sesuai amanah saat Upacara Hari Kesadaran Nasional 17 Maret 2023 lalu agar perangkat daerah melakukan optimalisasi pelayanan di Bulan Ramadhan.

"Program ini diharapkan lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus melengkapi program Safari Ramadhan tahun ini," ucapnya.

Pemkab Bekasi dijadwalkan menggelar Safari Ramadhan tahun ini di empat kecamatan yakni Kecamatan Bojongmangu, Kecamatan Babelan, Kecamatan Cibarusah, dan Kecamatan Sukakarya.

Acara Safari Ramadhan akan diadakan setiap hari rabu di setiap pekan dan salah satunya akan dipadukan dengan program Ramadhan Sregep.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023