Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) merealisasikan program kerja sama dengan PT Plasticpay Teknologi Daurulang (Plasticpay) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk mendukung pengelolaan sampah plastik.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu mengatakan bahwa program kerja sama yang dilakukan antara Vokasi UI dengan Plasticpay dan BSI merupakan salah satu bentuk dukungan keberlanjutan global melalui pengelolaan limbah sampah plastik.

"Sebagai wujud upaya mendorong UI sebagai green campus, kami mengajak sivitas akademika Vokasi UI secara sadar berpartisipasi dalam pengelolaan sampah plastik," katanya.

Baca juga: UI wisuda 4.658 mahasiswa jenjang vokasi hingga program doktoral

Program kerja sama tersebut diluncurkan bersamaan dengan workshop bertema “Circular Economy melalui Pengolahan Limbah Plastik sebagai Mitigasi Perubahan Iklim”, di Vokasi UI Depok.

Ia berharap program kerja sama berupa RVM ini dapat meluas di lingkungan UI, sehingga sivitas akademika UI, terutama mahasiswa, dapat ikut berpartisipasi dalam pengurangan emisi karbon melalui pengelolaan limbah sampah plastik.

CEO PT Plasticpay Teknologi Daurulang, Suhendra Setiadi mengatakan Indonesia merupakan negara yang memproduksi sampah plastik terbesar kedua di dunia. Sebanyak 6,8 juta sampah plastik per tahun dan kita masih mengimpor sampah plastik.

Baca juga: Prodi Vokasi UI terapkan mata kuliah pembuatan komik digital

Hal tersebut mendorong Plasticpay untuk menciptakan solusi berupa digital-based social behavioral modification platform yang mengajak masyarakat untuk menukarkan sampah plastik dengan poin yang bisa ditukar.

"Kami juga menyediakan aplikasi dan fasilitas collection untuk masyarakat, sektor publik, dan sektor privat yang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kolaborasi dalam recycling," katanya.

Plasticpay menciptakan beragam produk dari sampah yang dikumpulkan melalui RVM yang dapat ditemukan di seluruh Jabodetabek. Produk tersebut diproduksi oleh pemberdayaan perempuan dan UKM difabel dan bersertifikat Global Recycled Standard & Ocean Bound Plastic Certification.

Baca juga: Vokasi UI edukasi pengembangan digital marketing produk anyaman bambu Buleleng Bali

Di lingkungan UI, Program Pendidikan Vokasi menjadi pionir dalam mengajak sivitas akademika untuk sadar dan peduli pada pengolahan sampah botol plastik melalui penempatan RVM.

Penyerahan secara simbolis Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay yang akan ditempatkan di kantin Vokasi UI. RVM tersebut merupakan salah satu karya anak bangsa yang dibentuk atas kerja sama antara Plasticpay dan BSI.

Mesin tersebut dapat mengolah sampah botol plastik yang kemudian akan ditukarkan menjadi poin secara otomatis.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023