Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Anne Ratna Mustika memastikan pasokan dan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional dalam kondisi stabil menjelang Ramadhan 1444 H.

"Kami sudah melakukan peninjauan ke sejumlah pasar tradisional, harga kebutuhan pokok cenderung stabil. Begitu juga dengan pasokannya, aman," kata Bupati di Purwakarta, Jabar, Kamis.

Saat peninjauan itu, harga beras sudah normal, beras medium dari Rp11.000 turun menjadi Rp9.500 per kilogram dan Rp8.000 untuk beras dari Bulog. Hal tersebut menandakan kalau beras di pasaran sudah normal.

Ia juga menyebutkan harga kebutuhan pokok lainnya stabil dan tidak ada kenaikan.

Baca juga: Bupati: Laju inflasi di Purwakarta saat ini masih cukup terkendali
Baca juga: Kementan pastikan ketersediaan dan harga 12 bahan pangan pokok di Purwakarta aman terkendali

Bupati mengatakan ada beberapa hal yang akan dilakukan jika nanti harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, khususnya saat menjelang Ramadhan, di antaranya dengan menggelar operasi pasar murah.

"Kami sudah menyiapkan kegiatan operasi pasar murah kalau nanti dibutuhkan," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan Dedi Nursyamsi saat meninjau stok dan harga kebutuhan pokok di Purwakarta, mengatakan kalau harga dan ketersediaan bahan pangan utama di Purwakarta relatif stabil.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Pemkab Purwakarta gelar operasi pasar daging ayam

"Alhamdulillah, kami bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk memantau harga dan pasokan pangan pokok terutama 12 bahan pokok, dan semuanya Alhamdulillah stabil," kata dia.

Stabilnya harga kebutuhan pokok itu menandakan kalau pasokan kebutuhan pokok di pasar tradisional, khususnya di Purwakarta, cenderung aman.

Ia juga menyebutkan kalau menjelang Ramadhan kali ini tidak akan ada penimbunan oleh produsen. Artinya, jika harganya stabil, maka berarti tidak ada penimbunan, katanya.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023