Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat menggencarkan upaya penurunan angka stunting pada tahun ini.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, di Karawang, Rabu, mengatakan, pada tahun 2022 angka stunting di Karawang berhasil turun dari 20,6 persen menjadi 14 persen.

Selanjutnya untuk tahun 2023, wabup menyampaikan kalau program penurunan kasus stunting akan lebih digencarkan, sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Barat dan Bupati Karawang.

"Sesuai instruksi gubernur dan bupati, minimal angka stunting di Karawang turun satu digit di tahun 2023 ini. Tapi targetnya turun 9-8 persen atau lebih rendah," katanya.

Baca juga: Wabup Karawang optimistis program penurunan stunting tahun ini berhasil

Ia menyampaikan, untuk mencapai tujuan itu, Pemkab telah menyiapkan beberapa strategi. Di antaranya ialah dengan meminta Dinas Kesehatan setempat untuk menyiapkan data base stunting berupa dash board.

Melalui data yang riil dan terintegrasi antara Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang, diharapkan program intervensi penurunan stunting menjadi lebih baik dan tepat sasaran.

"Untuk program Bapak Asuh Anak Stunting, Karawang sudah berjalan. Program ini akan kembali bergulir di tahun ini," katanya.

Baca juga: Bupati Karawang program percepatan penurunan stunting berjalan lancar

Kepala DPPKB Karawang, Sofiah mengatakan, keberhasilan penurunan stunting di Karawang di antaranya karena ada peran tim pendamping keluarga yang jumlahnya 5.637 orang.

Menurut dia, tim pendamping keluarga bertugas melakukan monitoring, pendampingan, dan edukasi kepada anak stunting di Karawang. Hasilnya, berdasarkan data EPPGM dan SSGI tahun 2022 jumlah anak stunting di Karawang mengalami penurunan yang signifikan.

"Tahun 2023 ini sasarannya turun, hal ini karena angka stunting di Karawang juga mengalami penurunan," kata dia.

Baca juga: BKKBN Jabar sebut buruh pabrik perlu disosialisasikan tentang stunting

Sementara itu, pada Selasa (14/2), Pemkab Karawang menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Penghargaan ini diberikan atas keseriusan Pemkab Karawang dalam program penurunan stunting.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan diterima oleh Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh SE yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Karawang. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023