Program Studi Teknik Sipil dan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) Jakarta memberikan edukasi kepada warga Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor Jawa Barat agar bisa melakukan efisiensi dan perawatan penggunaan listrik untuk rumah ibadah dan jalan.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan oleh Program Studi Teknik Sipil (PSTS) FTUP dengan topik kegiatannya adalah “Effisensi dan Perawatan penggunaan listrik untuk rumah ibadah dan jalan”, demikian keterangan tertulis FTUP di Jakarta, Jumat.

Kegiatan PKM ini melibatkan Civitas Akademik yang menyertakan atas dosen Teknik Sipil dan Teknik Elektro, tenaga kependidikan (Tendik) serta mahasiswa.

Baca juga: FTUP gelar workshop pembuatan video bagi guru PAUD

Dosen yang terlibat dalam kegiatan PKM yaitu Ir. Akhmad Dofir, MT, Ir. Imam Hagni Puspito, MT dari Teknik Sipil dan Gunady Haryanto, ST.,MT dari Teknik Elektro serta mahasiswa yang telibat pada kegiatan ini berjumlah 15 mahasiswa terdiri atas 10 mahasiswa dari Teknik sipil dan 5 mahasiswa dari Teknik Elektro.

Didalam kegiatan PKM diawali dari proses survei kondisi eksisting kemudian dilanjutkan dengan merencanakan dan melaksanakan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) sebagai sarana penerangan jalan menuju rumah ibadah (Masjid Al-Hikmah), dalam rangkaian kegiatan PKM termasuk juga dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada perangkat desa dan masyarakat setempat dalam penggunaan peralatan listrik secara efisien serta teknis dalam pemeliharaan.

Pemasangan lampu penerangan jalan sebanyak 7 titik yang lebih diperuntukan untuk jalan yang menuju ke Masjid Al-Hikmah. Material tiang lampu yang digunakan untuk lampu penerangan jalan berbahan adalah dari baja ringan (zincalum) yang diberi lampu jenis LED dengan penutup/kap sebagai pelindung terhadap hujan, dan untuk kabel yang digunakan adalah sesuai standar PLN (SNI).

Baca juga: UP berikan pelatihan pengelolaan limbah berbasis Bank Sampah di Jepara

Dalam pelaksanaan PKM juga disampaikan penyuluhan untuk perawatan dan pemeliharaan dalam penggunaan peralatan listrik khususnya dalam penggunaan sarana lampu baik pada penerangan jalan umum (PJU) juga penerangan pada bangunan fasilitas rumah ibadah dalam hal ini Masjid Al-Hikmah dan rumah tinggal, peralatan/perangkat sound system (audio) masjid serta peralatan rumah tangga yang umum digunakan oleh masyarakat setempat.

Dalam kondisi eksisting Desa Sukagalih khususnya pada prasarana jalan pada malam hari belum terdapat sarana penerangan jalan sehingga menjadi kendala masyarakat baik untuk melakukan ibadah sholat termasuk juga warga yang akan melakukan kegiatan pengajian di masjid Al-Hikmah dengan keterbatasan penerangan sehingga sangat dibutuhkan sarana dan prasarana.

Baca juga: FTUP gelar seminar rekayasa teknologi

Pelaksanaan PKM tersebut telah dilakukan peresmian dilanjutkan dengan penyerahan hasil kegiatan PKM, dimana peresmian tersebut dilakukan oleh Camat dari Kecamatan Jonggol dan dihadiri oleh FTUP diwakili Wakil Dekan I, Wakil Dekan III dan Kepala Program Studi Teknik Sipil dan diakhiri dengan penutupan kegiatan PKM oleh Wakil Dekan I FTUP DR. Herawati Zetha R, ST.,MT. sedangkan  evaluasi hasil pemanfaatan PKM  4 Januari 2023

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023