Penampilan barongsai atau tarian tradisional Tionghoa dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa, dalam festival budaya Bogor Street Festival Cap Go Meh di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Minggu malam. 

ANTARA menyaksikan sejumlah kelompok penari barongsai dan tarian tradisional Tionghoa lain begitu dinanti dan digerumuti ribuan pengunjung. 

Masyarakat dari beragam etnis begitu antusias menyaksikan tarian barongsai, di lokasi pentas barongsai di depan panggung VVIV Hotel The101 Hotel. 

Ribuan pengunjung yang sejak sore hari sudah berjubel di delapan gang sepanjang Jalan Suryakencana pun tidak jengah menunggu rangkaian demi rangkaian festival budaya ini. 

Pemerintah Kota Bogor bersama panitia Bogor Street Festival membalut keberagaman kekuatan dalam persatuan Bhinneka Tunggal Ika. 

Nampak warga "tumpah ruah" berbaur bersama tanpa sekat untuk pertama kalinya setelah pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas masyarakat sekitar dua tahun. 

Warga tak mau melewatkan pesta budaya ini tanpa membawa anak-anaknya. Terlihat banyak warga yang menggendong anaknya di pundak di antara ribuan pengunjung yang menyaksikan gelaran budaya tahunan ini. 

"Awas, awas, anak saya mau lihat kang, jangan desak-desak," ujar warga yang sedang menyaksikan budaya itu. 

 Sebelum penampilan barongsai, Bogor Street Festival telah menampilkan sejumlah tarian budaya Sunda di antaranya dari Purwakarta, Bogor, Karawang, Cirebon dan lain-lain. Selain itu, ada pula tarian Bali yang dirangkai dalam pawai budaya pada pembukaan kegiatan. 

Pembukaan Bogor Street Festival kali ini dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim, Rektor IPB Arif Satria, dan sejumlah tokoh lintas agama serta tokoh Tionghoa. 

Baca juga: Bima Arya berpesan kegiatan Bogor Street Festival Cap Go Meh berlanjut terus

Baca juga: Erick Thohir memainkan mustika naga pada acara Karnaval Naga dan Barongsai CGM di Kota Pontianak

Baca juga: warga Karawang padati jalanan pusat kota saksikan perayaan Cap Go Meh








 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023