Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengajak unsur forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Bekasi beserta perangkat daerah terkait meninjau kondisi gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kecamatan Setu yang sudah kelebihan kapasitas.

"Hari ini kita melaksanakan kunjungan ke Desa Burangkeng khusus lokusnya adalah TPA Burangkeng karena memang saat ini kondisinya sedang kritis akibat daya tampung yang sudah penuh," katanya di Bekasi, Sabtu.

Dia pun mengajak rombongan meninjau lokasi rencana perluasan lahan yang segera dibebaskan pemerintah daerah dalam waktu dekat. Perluasan lahan seluas 2,1 hektare itu menjadi solusi jangka pendek untuk menampung sampah setidaknya sepanjang tahun ini.

Baca juga: Pemkab Bekasi targetkan bayar ganti untung lahan TPA Burangkeng sebelum Lebaran
Baca juga: DPRD desak Pemkab Bekasi segera atasi darurat sampah

"Perluasan ini merupakan solusi jangka pendek yang akan dipercepat Pemkab Bekasi untuk menampung sampah-sampah dari wilayah yang per harinya mencapai 600 ton. Dengan dilakukan perluasan ini diharapkan dapat menampung sampah dalam kurun waktu satu hingga dua tahun ke depan," katanya.

Setelah menyelesaikan perluasan lahan tahap pertama, pemerintah daerah kembali akan membebaskan lahan seluas lima hektare untuk dibangun pabrik pengolahan sampah.

"Rencana kita tahun ini juga akan melakukan pembangunan jalan umum pengganti yang saat ini dipakai TPA, akan kita lakukan pada triwulan satu ini dan juga pemagaran agar sampah tidak jatuh ke luar area TPA yang akan kita lakukan secara bertahap," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi terjunkan personel tata TPA Burangkeng

Dani pun menyempatkan diri untuk berdialog dan menampung aspirasi masyarakat sekitar TPA Burangkeng. Salah satunya terkait kompensasi yang akan didiskusikan lebih lanjut dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi.

"Kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan DPRD. Pemerintah daerah menargetkan sebelum Lebaran tahun ini, pembayaran ganti untung lahan sudah selesai dilakukan," katanya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Kapolres Metro Bekasi, Kajari Kabupaten Bekasi, Kepala PN Cikarang, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi. Kepala perangkat daerah terkait pun turut bersama rombongan.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023