Karawang, 25/7 (ANTARA) - Masyarakat Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memanfaatkan kondisi Situ Kamojing yang mengering pada musim kemarau dengan menanam padi di dasar situ tersebut.

Seorang warga setempat, Rahim, mengatakan, hampir setiap tahun dirinya bersama warga lainnya selalu memanfaatkan kondisi Situ Kamojing di wilayah Cikampek yang mengering pada musim kemarau dengan bercocok tanam.

"Setiap musim kemarau, Situ Kamojing selalu mengering. Daripada menganggur, saya manfaatkan saja lahan dasar Situ itu dengan menanam padi, lumayan kan jika panen nanti," katanya, di Karawang, Rabu.

Dikatakannya, untuk menanam tanaman padi di lahan dasar Situ Kamojing, warga meminjam bibit tanaman padi dari petani di daerah itu.

Kemudian jika panen, kata dia, hasilnya bisa dibagi kepada petani yang meminjamkan bibit, sesuai dengan kesepakatan bagi hasilnya.

Menurut dia, lahan dasar Situ Kamojing cukup subur. Warga yang menanam tanaman padi saat Situ itu mengering tidak perlu banyak mengeluarkan ongkos produksi, seperti tidak memberi pupuk dan obat-obatan untuk mengusir organisme pengganggu tanaman.

"Hampir setiap menanam padi, tanaman jarang sekali terserang hama. Walaupun tidak diberi pupuk, tanaman padinya juga cukup bagus," kata dia.

Ia mengakui lahan dasar Situ Kamojing yang merupakan salah satu Situ tadah hujan di wilayah Cikampek, Karawang, itu bukan untuk bercocok tanam, hanya diakui sangat disayangkan jika dibiarkan "menganggur" saat Situ tersebut mengering.


Ali Khumaini

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012