Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jawa Barat, menyerap aspirasi warga Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan soal pembangunan sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menegah atas (SMA) untuk segera direncanakan bersama pemerintah setempat. 

Wakil Ketua II DPRD Kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata pada reses masa sidang kedua berdiskusi dengan warga RW 05 dan RW 10, Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Rabu, menerima aspirasi warga yang mengharapkan fasilitas sekolah SMP dan SMA, yang belum ada di sana. 

"Kebutuhan atas unit sekolah baru, sudah menjadi kebutuhan yang urgensi bagi warga Rancamaya. Hal ini juga sudah saya sampaikan ke Wali Kota dan mudah-mudahan bisa direalisasikan karena Bappeda sudah mempunyai kajian tersebut," ujar Dadang Danubrata usai diskusi dengan warga di Saung Paguyuban Budaya Gendang Pencak RW 10 itu. 

Dadang menjelaskan pemerataan infrastruktur di wilayah perbatasan kota akan diperjuangkan anggota dewan secara bertahap agar Pemerintah Kota Bogor dapat memberikan fasilitas yang cukup memadai bagi warga Rancamaya. 

Selain sekolah, warga Rancamaya pun meminta ada perbaikan jembatan yang berlokasi di RW 05 sebagai akses lalu lintas warga. Hal tersebut karena jembatan yang biasa digunakan oleh warga, tidak bisa dilintasi saat hujan deras turun, akibat selalu terendam banjir.

"Pemerataan pembangunan infrastruktur di wilayah akan terus kami perjuangkan di DPRD. Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi dan yang dibangun tidak hanya di pusat kota saja," kata Dadang.

Dadang pun menyatakan untuk mendukung pembangunan infrastruktur fasilitas publik, aspirasi lainnya yang terus diperjuangkan oleh DPRD adalah penyelesaian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 

Di samping itu, masalah sosial dan budaya warga Rancamaya pun perlu perhatian seperti penyelesaian BPJS yang tertunggak.

Tak hanya itu, para pegiat seni dari Paguyuban Gendang Pencak yang meminta pengadaan peralatan lengkap untuk pencak silat.

"Aspirasi ini akan saya teruskan ke Disparbud untuk bisa ditindaklanjuti, agar kesenian Gendang Pencak bisa terus dilestarikan dan dibudayakan di Rancamaya. Kami di DPRD Kota Bogor juga akan membantu pelestarian budaya melalui Raperda Kebudayaan Sunda yang saat ini tengah dibahas," kata Dadang. 


Baca juga: DPRD Kota Bogor dorong pembuatan aplikasi data aset bangunan sekolah

Baca juga: DPRD dan Pemkot Bogor segera bahas perubahan Raperda Perlindungan Pinjaman online

Baca juga: Evaluasi kinerja satu tahun, DPRD Kota Bogor gelar acara refleksi kinerja satu tahun
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023